Wednesday , November 22 2017

Arayata Garage X Datsun Junkie : All About Vespa & Datsun

Arayata Garage - Otoschnell-4-2

Bagi penggemar skuter legendaris asal Italia, khususnya di ajang balap Vespa, tentunya sudah tak asing dengan nama Arayata Gapzo Motorsport. Tim balap yang sudah tak terhitung achievement-nya di berbagai kelas balap Vespa tersebut memang prestasi yang tak dapat dipandang sebelah mata. Namun, kali ini Otoschnell punya kesempatan mengenal sang owner lebih jauh serta workshop-nya bernama Arayata Garage yang berlokasi di Jl. Adiyaksa, Lebak Bulus, Jakarta Selatan tersebut.

Arayata Garage - Otoschnell-9

Bermula dari kecintaan sang pemilik Arayata Garage bernama Dudi dengan skuter antik tersebut, workshop yang berawal dari ‘bengkel rumahan’ kini sudah berkembang pesat menjadi workshop spesialis Vespa. “Awalnya hanya mengerjakan sesuai orderan, tapi lama-lama makin numpuk sampai enggak muat dirumah lagi hehe..” Ujar Pria 45 tahun ini.

Arayata Garage - Otoschnell-7

Tak hanya roda 2, rupanya kang Dudi sapaan akrabnya juga sudah mengagumi varian-varian Datsun sejak dirinya duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama, mulai saat itu, dirinya menekuni hobinya ini hingga akhirnya membuka workshop bernama Datsun Junkie yang menjadi satu lokasi dengan workshop Vespa-nya tersebut.

Arayata Garage - Otoschnell-2

Arayata Garage - Otoschnell-3

Di balap Vespa, Arayata Gapzo Motorsport punya beberapa motor yang turun di kelas large frame, small frame 2-stroke, sampai ke New Vespa yang bertransmisi otomatis. Dari situ dapat dilihat bahwa Kang Dudi terus beradaptasi dengan evolusi teknologi dengan terus ikut berkompetisi dikelasnya masing-masing. “Bicara piala saya lupa, dari tahun 2009 soalnya sudah terjun ke balap. Mungkin dihitung-hitung trofi-nya bisa buat jualan haha” Canda Dudi.

Arayata Garage - Otoschnell-8

Arayata Garage - Otoschnell-5

Berbicara Datsun, Dudi menerima semua pasien dengan bermacam-macam aliran modifikasi. Tentunya semua tergantung keinginan sang pemilik tentang konsep modifikasi yang akan dikerjakan. “Kita punya tim balap bernama Datsun Jakarta Racing Team yang turun di rally sama ISSOM, kita juga tidak menutup mata sama aliran diluar motorsport, salah satu punggawa balap kita ada juga yang bikin Datsun blind van bahkan ada yang minta lebar velg ekstrim. Dan semua kita tampung” Curhatnya.

Arayata Garage - Otoschnell-6

Bisa dilihat sendiri, untuk Vespa pun, Dudi tetap menerima restorasi atau hanya servis ringan dari skuter klasik sampai skuter yang masih produksi hingga sekarang. “Kebetulan Arayata Garage dipercaya sama Pinasco Italy untuk diajak kerjasama menjadi distributor racing parts mereka di Indonesia” Imbuh Pria yang baru merestorasi sebuah Vespa Sprint Veloce.

Arayata Garage - Otoschnell-2-2

Arayata Garage - Otoschnell-4

Di balap rally, 3 mobil kolaborasi Datsun Jakarta Racing Team dengan workshop ini turun di 3 kelas, masing-masing Retro Car 1600, Retro Car 2000, dan Retro Car FFA. Berbicara soal rally sendiri, Dudi punya sedikit tips bagi pembaca yang minat dengan cabang olahraga motorsport ini “Untuk awal-awal, kebetulan ada race namanya King of Kings Retro Sprint Rally Indonesia. Regulasi kita pakai standar IMI, namun kita kasih sedikit kelonggaran, misalnya bisa enggak pakai roll cage namun safety equipment lain tetap wajib ada seperti racing suit, pemadam api, dan kita aplikasiin trek yang pakai aturan speed limit” Jelas Dudi.

Arayata Garage - Otoschnell

Selain Vespa, juga ada beberapa motor unik lain disini, misalnya motor dengan kapasitas 50cc dan Mini GP,  variannya ada Honda ‘Pispot’ sampai ke Vespa VBB yang terkenal rare. Di balap Vespa-nya sendiri Kang Dudi punya sedikit tips bagi pemula yang baru saja ingin memulai balap Vespa, yakni mengikuti kelas Respon yang punya regulasi lebih longgar atau relatif bebas ketimbang kelas lain, “Sejauh ini bebasnya masih sebatas 2 tak saja, kalau matic belum. Untuk awal, kuasai dulu motornya, kenal track-nya baru naik step”.

Arayata Garage - Otoschnell-10

Lalu, bagaimana pandangan seorang senior ini tentang dunia motorsport di Indonesia? “Cukup antusias dengan hidupnya kembali scene sprint rally di Indonesia setelah sempat terpuruk, tapi yang benar-benar signifikan adalah balap Vespa itu sendiri” Dudi bilang sampai-sampai petinggi aftermarket parts seperti Pinasco, Polini, dan lainnya rela datang menyaksikan balap. Menurut mereka, Indonesia memang hebat karena starter di luar negeri paling banyak 60 orang, sedangkan disini bisa mencapai 300-an. Lagipula, salah satu negara yang berbelanja produk mereka terbanyak adalah Indonesia. There’s no wonder that this country has the 2nd largest Vespa Community after its own country, which is Italy. Salute!

Arayata Garage - Otoschnell-3-2


Arayata Garage X Datsun Junkie

Jl. Adiaksa Raya No.10, Lb. Bulus, Cilandak, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12440

Check Also

PPMKI Otoschnell (3)

38 Tahun PPMKI, Mengukir Sejarah di Gedung Sate Bandung, Jabar

Sekitar 200 mobil kuno dari PPMKI buatan tahun 1950-1970an akan memadati Gedung Sate, Bandung, Jawa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *