Monday , December 10 2018

BMW 320i (E36) 1994 – ‘Berjantung’ BMW M Series

Dari judul diatas, OS-ers udah pasti bisa nebak arah pembahasan features story kali ini. Yep, meski secara penampilan BMW dengan kode sasis E36 berwarna biru ini punya kesan relatif kalem dan rapih, tapi siapa sangka kan kalau mesin M50B20 standarnya udah dipensiunkan. Gantinya? Enggak tanggung-tanggung satu set mesin S50B30 Euro copotan BMW M3 siap ‘teriak’ kala throttle dibejek abis-abisan!

foto bmw m3

Bener aja, Andri ‘Lemonmon’ sapaan akrabnya, memang punya hasrat yang begitu besar sama pabrikan asal Jerman ini. Soalnya bukan cuma BMW E36 ini aja sejarah yang dia punya bareng pabrikan Jerman yang didirikan sama Franz Popp tahun 1922 ini. Dari yang unik contohnya BMW E30 pakai ‘doping’ supercharger sampai BMW F30 dengan modif bertema sleek & daily driven pun udah pernah dia lakukan.

foto bmw m3 mesin

Cowok 28 tahun ini enggak begitu suka nonjolin performa mobil kayak mobil-mobil kompetisi yang biasanya pakai kaca akrilik biar ringan dan roll cage yang mungkin bikin keluar masuk pengemudi jadi repot (meskipun pastinya tingkat keamanan jadi lebih tinggi). Sang owner lebih suka mobilnya tampil kalem ala mobil-mobil daily driven pada umumnya. “enggak suka posing, tapi beres-beres biar mobil kelihatan kelimis itu wajib” Kata owner workshop detailing di kawasan Serpong, Tangerang selatan ini.

foto bmw m3

Mobil penggerak roda belakang kelahiran tahun 1994 ini bisa dibilang lebih mengutamakan kerapihan ketimbang ‘show-off’ dengan atribut-atribut seperti ragam sticker ‘kekinian’ yang memicu flaming sesama antusias. berbagai referensi luar negeri didapatnya dari internet, makanya untuk urusan bodywork, Andri enggak pusing contohnya bikin natural widebody biar fitment velg pun manis dan tetep fungsional karena secara logika, kaki-kaki bawaan BMW M3 punya konstruksi sangat beda dengan 320i ini, tapi estetika juga tetep diperhatiin sama Andri.

foto wing spoiler Hamann

Mulai dari spoiler Hamann…

foto spion bmw m3

Spion…

foto emblem bmw m3

Sampai emblem original M3… semuanya melengkapi transformasi E36 ini jadi makin ‘kasat mata’ dengan varian M3. Berkaitan dengan totalitas, Andri akhirnya memutuskan menyulap kabinnya menjadi full convert E36 M3 seperti speedometer cluster hingga panel-panel lainnya agar menyempurnakan proses transformasinya. “Untuk material, gue pilih kombinasi antara suede dan leather, biar enggak terlalu umum kayak varian M3 yang lainnya” paparnya.

foto interior BMW M3

img_0038

Foto speedometer bmw m3

img_0048

Satu set suspensi coilover TA Technix didaulat Untuk menjaga stabilitas saat E36 miliknya ini digeber, selain itu agar kenyamanan di kabin pun tetap optimal berkat damping dan level stiffness yang bisa diatur sesuai kebutuhan. biar fitment roda pas, camber kit belakang sengaja di custom, lalu ditambah strut bar AC Scnhitzer dengan material carbon fiber di bagian depan agar makin rigid dan menyeimbangkan bagian belakangnya. untuk sektor pengereman, Andri mengatakan tipe floating untuk disc brake dari OEM M3 sudah cukup mumpuni untuk akomodir tenaga dari mesin bertenaga sekitar 245-295hp ini.

foto BMW M3

foto mesin bmw m3

Berbicara tentang dapur pacu, Andri lebih memilih untuk tidak mengoprek terlalu jauh internal dari mesin berkapasitas 3.000cc inline 6 ini. “Sebenernya ini cuma short project gw aja kok. jadi gw prefer back to original nya E36 M3. Ini aja mau gue jual karena ada project lain, clue nya mobil roadster Jepang hehe..” goda Andri. untuk sektor performa, cowok yang suka binatang kucing ini cuma nyematin Ansa Automotive Exhaust System dari Amrik biar suara dan output mesin enggak ketahan sama exhaust system standar. “Dari dulu kepengen banget punya varian M-Series, baru kesampean convert ini dulu oiya… kalo ada yang mau nerusin mobil ini gw lepas di kepala 2xx juta” Mungkin OS-ers ada yang berminat?

foto BMW M3

Spesifikasi:

Eksterior:

Tutup tangki Hamann, spoiler belakang Hamann GT

Mesin:

BMW M3 S50B30 Euro, exhaust system Ansa Automotive, ground wire Pivot

Kaki-Kaki:

Full konversi BMW E36 M3, camber kit belakang custom, suspensi coilover TA Technix, strutbar AC Schnitzer carbon fiber, velg Rota Grid 18 x 9,5 + 18 x 10, ban Falken 235/45/18

Interior:

Full konversi BMW E36 M3, reupholstery suede + leather

Check Also

Java Scooter Rendezvous 2017 – Bogor Lautan Skuter se-Indonesia

Acara Java Scooter Rendezvous (JSR) 2017 berhasil mengubah area Citra Indah, Bogor, Jawa Barat menjadi …

Penuhi Janji, BMW serahkan 100,000 kendaraan listrik pada konsumen di 2017

Penuhi janjinya di awal 2017, BMW Group telah serahkan lebih dari 100,000 kendaraan listrik kepada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *