Monday , December 10 2018

BMW E30 Register Luncurkan Race Cars Barunya

BMWCCI E30 Register

Berlokasi di kompleks Aeropolis, Tangerang (18/3), klub BMW E30 Register yang berstatus dibawah naungan BMW Indonesia meluncurkan mobil-mobil balap seri E30 mereka. Mobil-mobil tersebut merupakan official race car yang digunakan untuk kompetisi ISSOM.

BMWCCI E30 Register

BMWCCI E30 Register

“Kebetulan ada 1 mobil yang belum selesai setup untuk balap ISSOM minggu depan, jadi kita pajang 2 unit saja hari ini daripada dipaksakan datang sebagai display malah mrngganggu jadwal latihan balap nanti” Ujar Adhitia Yudistira selaku Ketua BMW CCI E30 Register. Kebetulan, ketiga mobil tersebut akan berlaga di kelas ETCC 2000 di sub Promotion, Novice, dan Pro.

BMWCCI E30 Register

BMWCCI E30 Register

“Di kelas Pro ada Denny Rommel, di kelas Promotion ada Karton, dan di kelas Novice yang mobilnya tidak bisa hadir ada Adit BY” Imbuhnya seraya memperkenalkan para pembalap tim E30 Register Motorsport. Sedangkan semua mobil di tim ini menggunakan mesin M44 dan M52 yang sudah sesuai homologasi kelas ETCC 2000. “Ada mesin kami yang stroker agar mendekati 2000cc” ujar sang Ketua.

BMWCCI E30 Register

BMWCCI E30 Register

BMWCCI E30 Register

Uniknya, mobil yang ‘dipiloti’ oleh Karton adalah hasil swasembada bersama beberapa rekan-rekan pembalap dan penyuka BMW. Beberapa nama pendonor terpampang di kap mesin bermaterial fiber tersebut mulai dari Posma Panggabean yang berstatus pembalap, sampai Andre Taulany yang kita kenal sebagai artis kawakan dan kolektor BMW klasik. (Nama lainnya bisa dilihat di foto).

BMWCCI E30 Register

BMWCCI E30 Register

BMWCCI E30 Register

Proyek balap ini disebut ‘proyek candi’ oleh sang Ketua, karena dapat dibilang bahwa dari proses brainstorm sampai realisasi pengerjaannya sangat singkat. “Januari kita baru terpikir tentang mobil balap ini, dan Februari baru kita kerjakan, Maret harus sudah latihan karena minggu depan sudah Race Day” Jabarnya.

BMWCCI E30 Register

BMWCCI E30 Register

BMWCCI E30 Register

“Spek selain mesin yang sudah di swap, transmisi M40, kaki-kaki dipasang coilover, limited slip differential, Engine Management System masih ada yang piggyback adapun yang sudah standalone. Ban wajib memakai ban sponsor dari balap itu sendiri” Beber Adhit. Ia juga bilang kalau total cost dari mobil ini kurang lebih Rp.180 Juta. “Kita juga bisa press budget berkat bantuan dari temen-temen bengkel seperti PAG dan Motorsoul” Tandasnya.

BMWCCI E30 Register

BMWCCI E30 Register

Dalam waktu dekat, mereka akan mengadakan acara di Jogjakarta bertajuk Bimmer Night Race dengan agenda drag race sepanjang 402 meter dan drifting, “di jangka waktu panjang, kami ingin punya One Make Race E30, tapi regulasinya masih kita godok bersama” Tutup Adhit.

Check Also

Java Scooter Rendezvous 2017 – Bogor Lautan Skuter se-Indonesia

Acara Java Scooter Rendezvous (JSR) 2017 berhasil mengubah area Citra Indah, Bogor, Jawa Barat menjadi …

Penuhi Janji, BMW serahkan 100,000 kendaraan listrik pada konsumen di 2017

Penuhi janjinya di awal 2017, BMW Group telah serahkan lebih dari 100,000 kendaraan listrik kepada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *