Cangkok Plat Kopling Toyota Innova Tipe Bensin ke Tipe Diesel Lebih Murah!

kopling innova otoschnell

Kopling yang aus termakan usia pakai, menyebabkan penyaluran tenaga dari mesin ke roda pada Innova diesel kesayangan kurang optimal sehingga cenderung boros bahan bakar. Solusinya, tentu saja mau tidak mau menggantinya dengan kopling baru yang harganya cukup menguras kantong. Namun ada alternatif lain yang sering diterapkan oleh para pemilik generasi penerus Kijang ini, yakni memasang plat kopling milik Innova tipe bensin.

kopling innova otoschnell

Meski memiliki part number yang berbeda, ternyata plat kopling Innova Bensin memiliki dimensi yang sama dengan saudaranya yang bertipe diesel. Eits, tapi tunggu dulu… bukan berarti solusi tersebut hadir tanpa kontra. Subagyo selaku Service Head Auto 2000 Alam Sutera, Tangerang Selatan menjelaskan bahwa pihaknya tidak merekomendasikan hal tersebut sebagai alternatif karena menyalahi standar prosedur, “Meski dimensinya sama, namun tentu saja kedua tipe mesin tersebut memiliki spesifikasi & kebutuhan momentum yang berbeda. Kami tidak menilai hal ini sebagai alternatif karena akibat yang ditimbulkan bisa saja bersinggungan dengan faktor keamanan serta kenyamanan” jelas pria ramping tersebut.

kopling innova otoschnell

Lain halnya dengan David pemilik bengkel Dunia Usaha Motor, Sentra Onderdil BSD, Tangerang Selatan. Ia menjelaskan bahwa struktur plat kopling Innova diesel & bensin hampir sama persis kecuali pada center pinion yang diklaim tidak berpengaruh pada proses instalasi,sehingga dapat langsung digunakan sebagai alternative substitusi. Namun pria ramah tersebut mengaku tetap merekomendasikan plat kopling aftermarket seperti merk Denso, Daikin, atau Exedy sebagai pilihan alternatif karena alasan durabilitas plat kopling serta performanya sendiri, “Sebenarnya dengan aplikasi plat kopling yang tidak sesuai dengan spesifikasinya, tentu saja dapat mengurangi factor ergonomis kendaraa itu sendiri, seperti berkurangnya friksi akibat clutch covedan plat kopling yang tidak sinkron sehingga kopling lebih cepat habis dari prediksi kita” jelas pria yang sering berkutat dengan varian diesel Toyota ini.

kopling innova otoschnell

Tentu saja keuntungannya adalah segi harga yang lebih ekonomis, dimana plat kopling Innova diesel memiliki harga di kisaran Rp. 1,3 – 1,5 juta sedangkan pada tipe bensin hanya seharga Rp 800 – 900 ribu. David berkata sah-sah saja mencangkok plat kopling Innova bertipe diesel dengan milik bensin untuk penggunaan harian sebagai solusi harga parts yang lebih ekonomis, namun jangan berharap ada dampak performa yang signifikan seperti halnya jika memasang plat kopling aftermarket yang memang didesain untuk mengakomodir tenaga besar. “Hal lain yang perlu digaris bawahi adalah alternatif ini tidak berlaku untuk kopling satu set, karena struktur keseluruhan kopling Innova bensin dan diesel berbeda, misalnya material besi yang digunakan untuk tipe diesel cenderung lebih kasar” tutup pria yang memiliki nama lengkap David Lesmana tersebut.

BengkelPlat Kopling Innova DieselPlat Kopling Innova Bensin
Auto 2000Rp.1,3 – 1,5 JutaRp.800 – 900 Ribu
Umum (Dunia Usaha Motor)Rp.1,450 JutaRP.890 Ribu

kopling innova otoschnell

Pernyataan senada dilontarkan oleh Asep, pemilik bengkel umum OMC di kawasan BSD Autoparts. Pria yang juga menyuplai parts orisinal Toyota ini mengkonfirmasi bahwa hanya plat kopling saja yang dapat di kawin silang, “sisanya seperti dek laher, dekrup, dll struktur dan material nya beda, jadi enggak bisa dipasang. Kalau ada yang mau lebih murah, biasanya saya rekomendasikan pakai aftermarket seperti Aisin” tutur pria kalem ini. Ia mematok harga Rp. 1,1 juta untuk plat kopling tipe diesel dan Rp. 800 ribu untuk tipe bensin. Jadi OS-ers pilih yang mana?

Check Also

GIIAS 2017 Otoschnell (3)

Beberapa Promo Menarik di GIIAS 2017 Weekdays Special

Gelaran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 kembali digelar selama 10 hari mulai tanggal 10 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *