Thursday , December 13 2018

Crawford Performance Air/ Oil Separator: Bukan Oil Catch Tank Biasa

Mungkin kita kenal dengan alat bernama oil catch tank yang biasa terpasang sebagai part tambahan di mobil. Fungsinya untuk mereduksi penguapan oli yang tersirkulasi kembali ke bagian intake. Serupa tapi tak sama, bentuk dari Air/ Oil Separator (AOS) dari Crawford Performance memang mirip, namun ada fitur yang tidak dimiliki oleh oil catch tank  biasa.

IMG_0011

“Fungsinya sama, namun kinerja AOS ini menggunakan elemen air yang diambil dari sistem pendinginan mobil/ radiator untuk membantu kondensasi oli mesin itu sendiri supaya terpisah dari udaranya/ menguap” Jelas Arkadia Prajatma selaku Operational Manager AHT Garage, BSD, Tangerang Selatan. Mengapa peranti ini tidak menjadi standarisasi para pembuat kendaraan?  Oke, banyak yang mempertanyakan ini, namun sayangnya udara yang diambil dari cylinder head atau valvetrain, biasanya masuk lagi ke bagian intake karena faktor emisi yang sudah ada regulasinya dari para pabrikan kendaraan.

Tiap AOS memiliki jalur masing-masing inlet-outlet untuk air dan udara. “Kendaraan pada umumnya punya kondisi yang dinamakan blow-by yang menimbulkan uap oli. Namun jangan khawatir, karena alat ini punya jalur sirkulasi yang sudah dirancang sedemikian rupa untuk membuat ruang intake makin bersih dan mengurangi kabut oli” Imbuh Arki.

IMG_0013

Karena Mr. Quirt Crawford sendiri awalnya fokus membuat performance parts untuk Subaru dan generasi 86, maka AOS ini awalnya memang di kembangkan untuk varian kendaraan tersebut. Namun jangan khawatir, sekarang sudah tersedia juga AOS untuk universal yang bisa dipasang ke semua jenis mobil. “Harganya 6,5 Juta untuk varian Subaru juga untuk yang universal semua mobil” Kata Gerry Andrea Sugara selaku Marketing Department AHT Garage.

CP: Gerry Andrea Sugara (Marketing Department AHT Garage) / 082114804170

Check Also

Java Scooter Rendezvous 2017 – Bogor Lautan Skuter se-Indonesia

Acara Java Scooter Rendezvous (JSR) 2017 berhasil mengubah area Citra Indah, Bogor, Jawa Barat menjadi …

Penuhi Janji, BMW serahkan 100,000 kendaraan listrik pada konsumen di 2017

Penuhi janjinya di awal 2017, BMW Group telah serahkan lebih dari 100,000 kendaraan listrik kepada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *