Tuesday , October 17 2017

Datsun P510 S 1973 – John Morton’s BRE Legacy

Datsun BRE Otoschnell (2)

Bagi sebagian orang, nostalgia adalah opsi yang mereka pilih untuk mengenang masa lalu. Bukan untuk disesali maupun menghantui, namun banyak yang berpendapat bahwa mereka punya ‘zaman keemasan’ sendiri. Dari sekedar mengobati rindu seperti lagu-lagu, film, sampai terbawa hobi dan merealisasikan tribut bagi idolanya hingga sekarang. Adalah Wahyu ‘Cimoh’, sang pemilik Datsun P510 yang sudah bertransformasi menjadi replika dari mobil balap jaman keemasan pabrikan Jepang tersebut.

Datsun BRE Otoschnell (5)

Sedikit nostalgia, Cimoh sengaja membuat mobil ini menjadi clone dari mobil balap milik Peter Brock dari Brock Racing Enterprise yang dikendarai oleh pembalap nomer 46 yakni John Morton di ajang balap SCCA (Sports Car Club of America) tahun 1969, dan berhasil mendominasi 2.5 Trans-Am Production Class di tahun 1971 dan 1972. Namun sayang, setelah musim balap tersebut berakhir, mobil legendaris tersebut harus di museumkan. Karena itu, pria 2 anak ini mencoba membuat mobil yang bisa merepresentasikan jaman keemasan John Morton dan tim BRE tersebut.

Datsun BRE Otoschnell (6)

Pria yang sekaligus menjabat menjadi ketua Datsun Jakarta dari klub Old Datsun Indonesia ini mendapatkan mobil P510S ini dengan kondisi sudah menjadi 2 pintu sesuai mobil BRE. “Ini awalnya karena saya mengagumi sosok Datsun BRE, sebenarnya ada 2 BRE yang saya punya kebetulan beli dari kakak beradik jadi kembar mobilnya, Cuma yang ini livery-nya paling mendekati aslinya” Pungkas pengoleksi 16 unit Datsun retro ini yang belum termasuk mobil-mobil balap rally dan ISSOM.

Datsun BRE Otoschnell (1)

Datsun BRE Otoschnell (3)

Detail pun sedikit diubah dari BRE original-nya yang memiliki dasar warna putih menjadi warna silver karena menuruti trademark dari sang owner. “Sejarahnya balap Trans-Am baru jamannya BRE masukin P510  itu ada mobil Jepang, sisanya mobil Amerika-Eropa semua dominasinya” Jelas Cimoh. Pria 2 anak ini juga mengganti seluruh detail sesuai standar mobil balap BRE.

Datsun BRE Otoschnell (7)

Misalnya saja roll cage yang sudah berstandarisasi FIA sampai fire extinguisher, Push start engine, engine cut off lengkap dengan jok balap Recaro LX. Detail yang tak kalah pentingnya adalah instalasi instrument SSS atau triple S yang menjadi ciri khas tipe performance Datsun atau balapnya yang memenuhi kabin dan eksterior mobil ini.

Datsun BRE Otoschnell (4)

Di sektor kaki-kaki, suspensi menjadi menu wajib bagi mobil balap. Dalam hal ini, Cimoh mempercayakan Tein adjustable yang bertipe coilover untuk stabilitas mobil. Sedangkan estetikanya, disematkan velg SSR MK II berdimensi 15 inci dengan lebar 8 untuk velg depan dan 9 untuk velg belakang yang dibalut oleh ban GT Radial Champiro SX 2 dengan spek 195/50.

Datsun BRE Otoschnell (9)

Datsun BRE Otoschnell (8)

Mengusung tema BRE dengan performa khasnya, mesin berkode L18 yang dikerjakan di M-Tuning ini mengalami porting polish agar debit volume udara dan bahan bakar makin sempurna. Sedangkan untuk suplai bahan bakarnya sendiri, Cimoh mempercayakan pada karburator Nikki bertipe single barrel untuk menyuplai bensin ke ruang bakar. “Sementara ini cukup, karena mobil Cuma dibuat kontes atau pajangan, tapi kondisi seperti ini sudah race ready yang artinya kemungkinan kalau ‘gatel’ dibalapin juga langsung bisa ikut hehe…” Tutupnya. Finger crossed on that, sir! Good luck…

Datsun BRE Otoschnell (10)

Datsun BRE Otoschnell (11)

Spec :
Custom BRE Datsun Cutting Sticker, Original Datsun SSS Tailights, SSR MKII 15x(8+9)” Wheels, Champiro SX2 195/50 Tires, Tein Coilover Suspension, Nissan Fairlady Front Brake System, Ford Laser Rear Brake System, Isuzu Phanter Extended Brake Booster, L18 Crankshaft, Astugi Connecting Rods, Nikki Single Barrel Carburetor, FIA 9-point Rollcage, Original Datsun SSS Steering Wheel, Original Datsun SSS Instrument Cluster, Recaro LX Semi Bucket Seats, Custom Racing Panels (Push-Start Engine, Engine Cut-off, Super Booster Ignition System).

Check Also

Datsun P510S SR20DET Otoschnell (12)

Datsun P510S 1972 – Running on Nissan Silvia Motor

Kendaraan retro atau klasik tak melulu harus mengikuti semua pakem yang ada. Mesin yang sehat, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *