Monday , December 10 2018

Dodge Deora, Truk Futuristik Dari Masa Lalu

1967-dodge-deora-concept-car

Dodge Deora adalah sebuah kendaraan konsep yang desainnya dirancang oleh desainer kendaraan Harry Bentley Bradley pada tahun 1964. Dua bersaudara Mike & Larry Alexander yang merupakan modifikator kendaraan dari Detroit kemudian dipercaya oleh Harry Bradley untuk mewujudkan desain tersebut menjadi sebuah kenyataan. Sebagai basic-nya, Deora berasal dari sebuah pick-up truck Dodge A100 buatan tahun 1965.

1796411_10152267757205807_7641949658051359638_n

Modifikasi dimulai dengan pemotongan atap Dodge A100 dan mengkombinasikannya potongan atap dan panel jendela belakang (hatch-back) milik Ford 1960 model sedan & station wagon, sehingga kini komponen tersebut menjadi satu kesatuan dan memberikan wajah baru dari kendaraan tersebut dengan tampilan yang luar biasa.

deora3

Rubahan tersebut membuat Deora memiliki akses keluar dan masuk yang eksentrik, yaitu melalui bagian depan kendaraan. Mekanismenya; setelah windshield terbuka keatas, panel bonnet dapat digeser sehingga penumpang pun dapat memasuki kabin. Stir Deora juga dirancang agar dapat bergeser kesamping pada saat pintu dalam keadaan terbuka.

Deora_zpsxajr8yr8

AMT (Aluminium Model Toy), sebuah perusahaan mainan plastik dan die-cast lokal yang berencana membuat skala kecil dari mobil futuristik ini mengadakan kontes pemberian nama untuk kendaraan tersebut. Seorang anak laki-laki berusia 13 tahun pun ditetapkan keluar sebagai pemenang dengan nama yang diberikan adalah  ‘Deora’.

rw09_r184_03

Deora tetap mempertahankan mesin bawaan Dodge A100, Chrysler slant-6 engine (mesin 6 silinder segaris yang posisi head-nya miring 30 derajat dari posisi vertikal) berkapasitas 2.8-liter dengan tenaga 102 hp dan transmisi manual 3-percepatan. Mesin tersebut telah sedikit dimodifikasi dengan pemasangan Offenhauser intake manifold dengan dual karburator. Menyesuaikan rubahan pada bentuk kabin, mesin terpaksa dimundurkan sejauh 15 inchi ke belakang.

ulpc3qlg3chnap9eopso

Ketenaran Dodge Deora diawali dengan penampilan perdananya dihadapan publik melalui Detroit Autorama, ajang pameran mobil-mobil modifikasi yang diadakan rutin tiap tahun di Detroit – Michigan, Amerika Serikat pada tahun 1967. Pada pameran tersebut, Deora meraih Ridler Award, sebuah penghargaan bergengsi ‘most outstanding from among the cars being shown for the first time’.

dodge_pickup_deora_1

Bersamaan dengan itu, penampilan Deora juga menarik perhatian pihak Chrysler yang kemudian ‘meminjam’ mobil tersebut untuk diikut-sertakan pada pameran keliling Amerika bersamaan dengan mobil konsep Chrysler lainnya di akhir tahun ’60 an.

Deora

Pabrik mainan Mattel, yang terkenal dengan merk Hot Wheels tertarik untuk membuat die-cast berukuran 1:64. Harry Bentley Bradley pun kembali diminta Mattel untuk merancang desain mainan tersebut dengan sedikit modifikasi membawa dua buah papan surfing pada bagian bak belakangnya.

1965_Dodge_Deora_pickup_003_6126

Kepemilikan Deora berpindah ke tangan Al Davis dan pemilik baru ini menyimpan Deora selama lebih dari 30 tahun. Sampai pada akhirnya pada tahun 1998 anak dari Al Davis mengeluarkannya dari gudang dan meminta bantuan kepada Harry Bentley Bradley untuk merestorasi kendaraan tersebut. Pada perayaan 50th Anniversary Detroit Autorama yang berlangsung pada tahun 2002, Deora kembali hadir untuk kedua kalinya sebagai special display. Ditahun 2009, Deora dijual melalui lelang yang diadakan di California dan terjual senilai U$ 324.500, dengan kurs sekarang setara Rp. 4.3 milliar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *