Tuesday , December 18 2018

Firefly, Deus Ex Machina’s Super Cub

Deus Ex Machina Jepang belum lama ini meluncurkan karya terbarunya ‘Firefly’, sebuah motor hasil modifikasi yang mengambil basis dari Honda Super Cub produksi tahun 1961.

FIREFLY-CUB-DEUSJAPAN_DSC_8759MR2-B

Ditangani langsung oleh Matthew Roberts – Direktur dari Deus Ex Machina Jepang, Firefly merupakan interpretasi modern dari bentuk motor balap periode tahun ‘50 – ’60-an dengan desain konstruksi sasis yang menyambung dari poros kemudi hingga bagian ekor. Oleh Deus, desain ini sekaligus dimanfaatkan untuk menyembunyikan tangki bensin, aki, sistem pengapian serta kabel di dalamnya.

FIREFLY_CUB_DEUSJAPAN_DSC_8841MR1

FIREFLY-CUB_DEUSJAPAN_DSC_8974MR-B1

Tidak ingin motor ini menjadi sekedar pajangan, Deus juga meningkatkan perfoma Firefly secara keseluruhan, terutama pada sektor mesin dan suspensi, agar dapat berkompetisi di kejuaraan Battle of Bottom Link – sebuah ajang balap dengan regulasi motor yang digunakan merupakan produksi dibawah tahun 1964, masih mengadopsi suspensi depan model ‘bottom link’ dan mesin OHV (overhead-valve).

IMG_6375

Turun di kelas N50, peraturan memperbolehkan kapasitas mesin ditingkatkan maksimum 20% dari spek standar, maka mesin bawaan 49 cc kini telah di over-size menjadi 60 cc.

FIREFLY-CUB_DEUSJAPAN_DSC_8742MR-B

Sementara pada suspensi, semua komponen diganti baru. Deus juga terlihat menambahkan batang stabilizer yang terpasang pada bagian garpu sebelah kiri.

DSC_8178MR2

Joki Firefly pada Battle of Bottom Link, Yamamoto-san, mengkonfirmasi bahwa pengendalian motor ini terasa lebih baik dibandingkan dengan Super Cub lainnya yang pernah Ia kendarai. Hasilnya pada final sprint, Firefly mampu menempati pole position. (deus customs)

Sounds like super FUN!

Check Also

Ugal-Ugalan, Wanita Muda Tabrak Belasan Kendaraan di Sudirman

Seorang wanita muda mengemudikan mobilnya secara ugal-ugalan di kawasan Jalan Sudirman, Jakarta, Selasa (21/11/2017) malam. Pengemudi Mobil …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *