Thursday , December 13 2018

History Of Porsche 928

Porsche memang terkenal dengan model 911 yang memiliki ciri khas mesin berkonfigurasi Boxer dan tetap mempertahankan bentuk body-nya dari masa ke masa sehingga menjadi sebuah model Porsche yang iconic hingga saat ini. Namun tahukah Anda bahwa pada tahun 70’an ada sebuah model lain dari Porsche yang didesain lebih mewah, bertenaga dan disiapkan untuk menggantikan 911? Model tersebut adalah Porsche 928.

1987_Porsche_928_S4_interior

Sejarah kelahiran model 928 diawali pada sekitar akhir tahun 1960-an, ketika Ferdinand ‘ Ferry’ Porsche (anak dari Ferdinand Porsche. Sr) memiliki keinginan untuk membuat sebuah mobil dengan konsep GT (Grand Tourer – sebuah kendaraan perfoma tinggi dalam balutan kemewahan yang nyaman dikendarai untuk perjalanan jauh) untuk masuk ke dalam line-up produksi Porsche.

Ide tersebut mendapat dukungan dari Managing Director Porsche saat itu, Ernst Furhmann, yang mengira bahwa 911 telah meraih potensinya sebagai sports car secara maksimal, sehingga diperlukan membuat model baru. Selain itu penjualan 911 saat itu juga sedang menurun. Hal tersebut diasumsikan pihak Porsche sebagai kejenuhan pasar terhadap model 911 yang telah beredar sejak ’63.

autowp.ru_porsche_928_coupe_3

Pada 1971, studi desain untuk 928 mulai dikembangkan. Beberapa rancangan layout penempatan mesin disiapkan untuk model ini, antara lain mid-engine dan rear engine seperti 911. Namun keduanya akhirnya ditiadakan, dengan pertimbangan mid-engine akan menyita ruang kompartemen penumpang dan rear-engine akan menimbulkan problem suara mesin, yang tentu bertentangan dengan konsep mobil GT yang dibangun. Selain itu penempatan mesin belakang dikhawatirkan akan mendapat penolakan dari regulasi keselamatan di Amerika Serikat, pasar potensial bagi Porsche, sehingga pada akhirnya diputuskan bahwa 928 menggunakan front engine layout.

Mesin yang digunakan 928 memang berbeda dengan tradisi Porsche yang lahir dengan Boxer. Karena memang dirancang sebagai kendaraan GT, versi prototype 928 lahir dengan mesin berkode M28 dengan konfigurasi V8 dengan kapasitas 5.0-liter SOHC yang mampu memproduksi tenaga mendekati 300 hp. Sebelumnya ada usulan dari Ferdinand Piech (cucu dari Ferdinand Porsche) untuk memasukkan mesin 4.6-liter V10 yang dikembangkan dari mesin 5 silinder Volkswagen Golf EA827, namun anggota dewan direksi Porsche merasa keberatan. Mereka ingin Porsche membuat sebuah mesin yang benar-benar baru.

61113

Pada tahun 1973, rancangan desain Porsche 928 telah selesai. Namun bersamaan dengan itu perang Arab dan Israel berkobar sehingga menyebabkan dunia mengalami krisis energi. Memiliki kendaraan berkapasitas besar sudah pasti bukan opsi yang tepat dalam keadaan seperti ini. Porsche pun menunda produksi 928, hingga pada tahun 1977 mobil ini akhirnya diluncurkan ke publik pada ajang Geneva Motor Show.

file-32

Porsche 928 versi pertama hadir dengan mesin V8 yang kapasitasnya telah diturunkan menjadi 4.5-liter dengan sistem injeksi mekanikal Bosch K-Jetronic, menghasilkan tenaga 230 hp. Keputusan ini diambil setelah perusahaan menganggap perbandingan antara performa mesin 4.5-liter dan efisiensi pengunaan bahan bakar-nya dalam taraf yang masih dapat di tolerir. Ini adalah mesin V8 pertama yang diaplikasikan Porsche pada kendaraan coupe dengan mesin depan yang diproduksi secara massal. Mesin ini mampu melesatkan Porsche 928 dari 0 hingga 100 km/h dalam 7 detik dan meraih kecepatan maksimal 230 km/h. Memang bukan yang tercepat, namun sebagai kendaraan Gran Tourer, performa 928 sangat memuaskan.

tech_pic_sus_weissach

Selain itu Porsche 928 juga dilengkapi dengan inovasi baru pada semi trailing arm pada suspensi belakangnya yang dinamakan ‘Weissach axle’. Pada semi trailing arm konvensional, roda belakang akan ‘toe-out’ pada saat mengerem/deselerasi sehingga menyebabkan kendaraan cenderung oversteer pada saat berbelok pada kecepatan tinggi. Weissach axle mencegah hal ini terjadi, karena sistem kemudi pasif tersebut mengontrol roda belakang untuk tetap berada dalam posisi yang stabil mengikuti pergerakan mobil.

porsche-928-1

Desain Porsche 928 dibuat oleh Wolfgang Mobius dibawah pengawasan dari Anatole Lapine, sebagai Head of Style dari Porsche. Body-nya terlihat modern dengan desain yang membulat dan jauh dari kesan agresif. Bemper depan dan belakang terintegrasi dengan bentuk body secara keseluruhan. Kap mesin depan, front fenders dan pintu terbuat dari aluminium, hal ini selain mereduksi berat juga membuat distribusi bobot Porsche 928 lebih merata (51 : 49).

928-s4diagram

Porsche 928 S4

Meski pada awalnya dirancang sebagai penerus kesuksesan 911, namun pada kenyataannya 928 sebagai flagship Grand Tourer memiliki harga yang terlalu tinggi sehingga penjualannya tidak begitu fantastis dan Porsche purist pun menolak untuk menerima gagasan bahwa model ini dibuat sebagai penerus kesuksesan 911. Hanya ada 61.000 unit Porsche 928 dibangun selama 18 tahun masa produksinya dengan berbagai pengembangan dari versi awal, seperti 928 S, 928 S2, 928 S4/S4 SE dan 928 GTS.

Study-H50

Porsche Study H50

Selain itu ada edisi khusus ‘Study H50’ yang memiliki empat pintu  dan diyakini sebagai cikal bakal desain Porsche 989 dan Panamera.

942Ferry

Juga 942 ‘Shooting Brake’ yang dibuat khusus sebagai hadiah ulang tahun Ferry Porsche ke 75 pada tahun 1984.

Check Also

IXOR 2017 Seri 5 Final Round – The Judgement Day

Pertarungan seri akhir Kejurnas Indonesia Xtreme Off Road Racing (IXOR) 2017 memang merupakan ajang yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *