Thursday , December 13 2018

Honda Brio Satya 2016 – Killer K24 Motor On A Tiny Shell!

Sepakat atau tidak, kata ‘Menyeramkan’ memang tak terlintas di benak kami sewaktu pertama kali melihat city car hatchback dari Honda yang cukup populer di kalangan generasi muda Indonesia ini. Bentuknya yang mungil, lucu, dan kontur bodi yang mudah untuk di modifikasi ala JDM (Japanese Domestic Market) memang jadi opsi kebanyakan pengguna Honda Brio. Alasan senada juga dilontarkan Haviedz Pahlevie Muvtie ketika Ia memutuskan untuk membeli unit ini setahun yang lalu.

IMG_2034

 

Namun, seharusnya kami tidak naif sewaktu melihat penampakan Brio baru miliknya yang masih dibungkus plastik ketika melintas di workshop Supernova milik Pria yang akrab dipanggil Apit ini di bilangan Jakarta Timur. Karena satu set kaki-kaki khusus kompetisi drag race sudah bertengger di Honda Brio ini. “waktu itu pembungkus plastik di jok belum sempat dilepas, tapi mesin balap sudah ready untuk dipasang” Buka Apit.

IMG_2051

IMG_2055

Ya… tidak salah kalau mobil ini menyandang predikat sleeper. Sekilas, modifikasi yang terlihat hanya di sektor kaki-kaki yang menggunakan velg Advan RG dan exhaust system dari ORD, terlebih lagi mobil ini masih berstatus daily driven dengan A/C yang aktif. Namun ketika mobil ini dinyalakan, terdengar suara kompresi padat khas mesin DOHC milik Honda dengan performa tinggi. Yap. Mobil mungil ini menggunakan mesin K24A2 yang dikombinasikan dengan cylinder head K20. “Konsepnya dari Brio di thailand, Monkey Garage, penasaran aja, masa kita enggak bisa bikin kayak mereka. Lucu kelihatannya, mobil kecil tapi mesin besar, dan saya tipe orang yang penasaran dan seneng yang anti-maintsream haha” Ujarnya seraya tertawa.

IMG_2058

Tidak heran mesin balap ini bagaikan mobil kontes karena kerapihannya, semua berkat proses wire tucked, radiator tucked, dan braking system tucked sehingga tak terlihat jalur kabel yang rumit seperti yang biasa ditemui di mobil pada umumnya, “Ada sedikit penguatan (reinforcement) karena mesin yang saya mau pasang sudah spek kompetisi. Juga pengecatan bagian firewall karna awalnya dari pabrik cuma sampai tahap pengecatan dasar” Imbuh Pria 40 tahun ini. FYI, Supernova telah menelurkan mobil-mobil balap pemecah rekor di ajang drag race seperti Honda Estilo SR3 dengan julukan ‘Hulky’ yang sempat mencatatkan waktu 11,530 dengan mesin H23 Blue Top!

IMG_2066

IMG_2064

IMG_2063

Mesin K-Series yang diaplikasikan Apit diisi dengan internal yang dapat membuat endurance serta tenaga berimbang. Seperti Piston dari Arias bermaterial forged dengan diameter 87mm yang langsung mendongkrak kompresi menjadi 11,5. Adapun conrod dari produk Eagle yang diklaim sanggup menahan putaran mesin tinggi dari blok K24A2. “Kesulitannya ada bagian pemasangan mesin, karena project pertama ini masih buta banget, nggak ada patokan yang bisa jadi acuan. Bahkan setelah ngobrol sama orang Thailand pun mereka nggak jual engine mountingnya, kendala bahasa juga menjadi halangan, karena orang Thailand kurang bisa juga bahasa inggris, akhirnya saya cuma beli driveshaft set racing dari thailand buat patokan awal pemasangan mesin K-Series di Brio” Curhat sang owner Supernova itu.

IMG_2072

Untuk membantu menyalurkan tenaga ke tanah, solusinya Apit mengkombinasikan mesin frankenstein itu dengan girboks milik Honda Integra DC5 yang dilengkapi L.S.D (Limited slip Differential) dan merubah final gear-nya menjadi 4,3. Tak heran, Apit pun melakukan tindakan preventif dengan mengaplikasikan driveshaft yang sanggup di abuse hingga tenaga 800hp! “Komunitas Brio di Indonesia menurut saya terbesar dan terbanyak, karena saya punya bengkel jadi tetep ada nilai bisnis yang bisa saya harapkan dengan modifikasi yang saya buat ini” Beber Apit yang mengaku sudah ada beberapa calon potential buyer saat kami melakukan peliputan.

IMG_2077

IMG_2060

“Untuk yg mesin sekarang sepertinya ada beberapa penggantian parts kedepannya, seperti piston, camshaft dan intake manifold. Masih penasaran pengen dapet tenaga 400hp hehe” Who wants to be a pilot inside this rocket box? Pretty sure it isn’t me.

IMG_2044

IMG_2043

IMG_2082

Spesifikasi

Mesin:

K24A2 block

Arias Piston 87mm cr 11.5

Eagle conrod K24

ACL Race Bearing

Toda Racing chain tensioner

Blackworks BWR timing chain guide

ATI Damper pulley

PRB cylinder head K20

Supernova PNP headwork

SWR 3angle Valve job

Skunk2 Stage3 Camshaft

Drag Cartel Camgear

Supertech Spring Valve & Retainer

Golden Eagle Thermal Gasket

Skunk2 Ultra Race Intake Manifold

FID 1000cc Fuel Injector

Rosko Racing Fuel Rail

Aeromotive Fuel Pressure Regulator

Ktuned Throttle body

Ktuned water neck

Speedfactory plug cover

Vibrant vband 4″

Unifilter airfilter 4″

DC5 gearbox with oem LSD

RSX Final gear 4.3

OBX gear ratio

Ogura Single Clutch

Ktuned Race spec Billet shifterbox

Custom hub & driveshaft 800hp

Hondata Kpro V4

ORD header, resonator & Muffler

Interior:

AIM sports MXL Display

Lagrima shift knob

Kaki-kaki:

Supernova custom tractionbar

Buddyclub suspension

Workshop: Supernova Jalan Curug Raya No. 7A -7B, Jl. Raya Kalimalang, RT.3/RW.8, Pd. Klp., Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta 13450

Phone: 0816-863-831

Check Also

Java Scooter Rendezvous 2017 – Bogor Lautan Skuter se-Indonesia

Acara Java Scooter Rendezvous (JSR) 2017 berhasil mengubah area Citra Indah, Bogor, Jawa Barat menjadi …

Penuhi Janji, BMW serahkan 100,000 kendaraan listrik pada konsumen di 2017

Penuhi janjinya di awal 2017, BMW Group telah serahkan lebih dari 100,000 kendaraan listrik kepada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *