Monday , December 10 2018

Honda Civic Type-R (EK9) 2000 – Looking For A Needle In Haystack

Sebelumnya OS-ers harus tau bahwa Honda Civic yang tampil pada artikel features story kali ini bukanlah hasil convert dari Civic Ferio atau bahkan Honda Estilo yang jadi incaran kolektor belakangan ini. Alam Wijaya Kusuma sang owner mengaku sering memaklumi fenomena ‘asas praduga tak bersalah’ yang kerap kali dialami saat dirinya saat cruising menggunakan Civic EK9 berwarna championship white ini.

IMG_1419

“Waktu on the way ke lokasi liputan ini saja di traffic light sempat diketok kaca saya. Orang itu mengira ini Civic Estilo convert haha…” Curhatnya seraya tertawa. Ya memang, tidak banyak populasi dari EK9 yang lolos masuk ke Negeri kita, namun rupanya wirausahawan ini layak mendapatkan apresiasi karena ‘hasil buruan’ yang didapatkan dari Surabaya ini, tidak disia-siakan dengan bukti modifikasinya yang kami bilang proper. Hats off, sir!

IMG_1496

Berbicara tentang modifikasinya sendiri, pria humoris ini mengaplikasikan hal tersebut di beberapa sektor seperti kaki-kaki, mesin, bahkan in car entertainment (I.C.E)-nya. “Ini mobil impian saya dari dulu, carinya sudah lama dan memang rata2 yang punya ini tidak mau jual, jadi begitu ada yang mau jual, saya tidak pikir panjang lagi langsung saja saya beli. FYI, saya bahkan transaksi tanpa bertatap muka dengan owner sebelumnya, atas dasar asas saling percaya, transaksi pun sukses dan malah kami jadi teman baik sampai sekarang” Jelas Alam secara detail.

IMG_1460

IMG_1478

IMG_1437

Dirinya memang pintar mengakali tampilan sleek dari mobilnya dengan aplikasi velg yang senada, menurutnya, dominasi warna putih memberikan kesan yang bersih dan rapih. Satu set velg Advan RG1 lebar 7,5-8 et 38 diaplikasikan di mobil 2-doors hatchback ini dengan fitment yang terbilang proper untuk salah satu mobil performance flagship dari Honda dengan tujuan track-oriented. Sedangkan agar tetap stabil ketika kecepatan tinggi, satu set coilover TEIN Street diaplikasikan pada keempat sisi roda dan untuk mengantisipasi dari sistem pengereman, Alam menggunakan kaliper dari Spoon yang memang di setup untuk track use.

IMG_1446

IMG_1433

IMG_1485

IMG_1490

Proses engine swap sudah ditempuh oleh owner sebelumnya. Merasa belum puas, mesin B16B bawaan EK9 yang memang diciptakan untuk performa tinggi dipensiunkan dan diganti dengan kode B18C milik Honda Integra Type-R dengan tenaga yang lebih besar lagi. “Saya tidak bermain internal mesin terlalu banyak, cukup porting polish dan disempurnakan oleh part performa pendukung lainnya”. Maksudnya disini adalah cam gear dari Aerospeed untuk mengakomodir putaran mesin yang tinggi, VTEC solenoid dari Skunk2 agar dapat membaca kurva mesin, sampai header JASMA yang dikombinasikan dengan exhaust system dari Fujitsubo untuk memperlancar gas buang dari mesin dengan karakter RPM tinggi ini.

IMG_1495

IMG_1494

IMG_1493

IMG_1453

“Secara general sih kesulitannya hanya cari bengkel yang proper untuk modif street racing JDM ini karena saya berada di Cilegon, Jabar. Untungnya saya kenal Hendry dari Bitech Performance di Cilegon untuk menangani mobil saya ini” Ujarnya. “Rencana modifikasi kedepan sejauh ini sih belom ada, palingan mix ‘n match velg aja sih. Pengennya engine swap ke K-Series, tapi masih pikir2 sambil lihat isi dompet” Sambungnya. Well, what’s not to like about this car, the unit itself is like looking for a needle in haystack. Congrats, bro!

IMG_1471

Spesifikasi:

Interior:

Recaro SR4 seat

Kaki-kaki:

Velg advan RG1 lebar 7,5-8 et 38

Ban Yokohama Advan Neova 205/45/16

Coilover TEIN street

Kaliper Spoon

Mesin:

B18C integra Type R

PnP by Pro Mobile Surabaya

Kopling ACT

Kabel busi Ultra Racing

Vtec Selenoid Skunk2

Fuel rail HKS

Cam Gear aerospeed

Radiator Koyorad

Radiator hose Samco

Open filter KnN

Strutbar STD EK9

Header Jasma

Muffler fujitsubo

Wiretuck by Pro Mobile

ICE:

Head unit Alpine

Power amplifier Venom

Speaker Gathers

Subwoofer JBL

Workshop:

Pro Mobile Surabaya, Jawa Timur

Bitech Performance, Cilegon, Jawa barat

Check Also

Java Scooter Rendezvous 2017 – Bogor Lautan Skuter se-Indonesia

Acara Java Scooter Rendezvous (JSR) 2017 berhasil mengubah area Citra Indah, Bogor, Jawa Barat menjadi …

Penuhi Janji, BMW serahkan 100,000 kendaraan listrik pada konsumen di 2017

Penuhi janjinya di awal 2017, BMW Group telah serahkan lebih dari 100,000 kendaraan listrik kepada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *