Tuesday , November 21 2017

Honda Civic Type-R Euro (FN2R) 2007 – Die Hard Red Emblem Fan

Civic FN Merah - Otoschnell

Kata ‘fanatik’ tak selalu berkonotasi buruk. Dalam spektrum hobi, kita berbicara tentang bagaimana seseorang mampu bersabar mengumpulkan koleksi yang menurutnya dapat memuaskan hasrat pribadi. Bahkan seorang tokoh ilmuwan ternama pernah bilang “If you stop craving for something you love, you’re as good as dead”, jadi tak salah jika Stefen Teo pemilik Honda Civic Type-R Euro ini terus bereksplorasi dengan hobinya.

Civic FN Merah - Otoschnell-5-2

Ia adalah sosok penggemar high performance Honda. Sebut saja Civic Type-R (FD2R), juga Civic Type-R (EK9). Belum lagi mobil balapnya yakni Honda Civic EG bermesin K20A yang dijuluki ‘The Baby’. Mobil hariannya pun Honda, sampai-sampai Ia juga bekerja di dealership Honda di Pekanbaru. It’s safe to assume that this guy is a really hardcore Honda fan!

Civic FN Merah - Otoschnell-3-2

Civic FN Merah - Otoschnell-8

Kembali ke mobil berkode sasis FN2R ini, menurut sang owner eksterior mobil ini telah di dress-up menggunakan single tuner dari Mugen Japan. “Konsep JDM yang tidak ekstrim, dapat dipakai harian, rapih dan enak dipandang” Jawab Stefen ketika ditanya tentang konsep modifikasinya. Yup, aero kit dari Mugen Japan dinilai pembalap drag race tersebut cocok untuk disematkan di sekujur bodi Type-R untuk pasar Eropa ini.

Civic FN Merah - Otoschnell-2-3

Civic FN Merah - Otoschnell-4-2

Civic FN Merah - Otoschnell-7-2

“Secara keseluruhan, tingkat kesulitan pengerjaan hampir tidak ada, paling hanya harga parts Mugen Japan yang lumayan menguras kantong hehehe” kekeh Stefen. Bagaimana tidak, detail parts tersebut pun berlanjut ke kabin dimana shift knob juga berlabel Mugen Japan, Sedangkan di bagian kaki-kaki, velgnya pun tak kalah eksklusif karena menggunakan Volk Racing CE28 Time Attack Honda Edition dengan ukuran 18 inci lebar 8,5 yang membuat fitment-nya ‘sreg’ dengan fender mobil dan tak berlebihan.

Civic FN Merah - Otoschnell-6-2

Civic FN Merah - Otoschnell-2-2-2

Versi Eropa dari Type-R ini dibekali tipe mesin yang sedikit berbeda dengan versi jepangnya, yakni berkode K20Z3 dengan compression rate yang cukup tinggi yakni 11.0:1. FYI, mesin yang sama juga digunakan pada mobil produksi Inggris yang terkenal dengan akselerasi spontannya, Ariel Atom 3.5.

Civic FN Merah - Otoschnell-3

Tak hanya dibiarkan standar, Stefen menyematkan beberapa parts seperti tensioner dan full exhaust system berkonfigurasi 4-2-1 dari TODA agar aliran gas buang makin lancar. Untuk suplai udara dingin yang lebih baik ke ruang bakar, dirinya menggunakan air filter K&N serta untuk pengereman yang lebih baik, digunakan kaliper dari Endless yang punya spek 6 piston. Tak ketinggalan, settingan komputer mobil dioptimalkan dengan penggunaan Hondata Flashpro Tuning.

Civic FN Merah - Otoschnell-2

Kecintaan pria berusia 30-an ini terhadap varian Type-R memang berlandaskan pada segi ergonomisnya dalam hal modifikasi, opsi konsepnya pun relatif cukup banyak, “Mau di modif apapun selama masih terkonsep, saya rasa Type-R memang selalu manis dipandang” Ujar Pria rajin bolak balik luar pulau untuk balapan ini. Can’t agree with you more, sir. Type-R’s are slightly the best creatures among various model out there, cheers!

Spesifikasi

Mesin

K20Z3

Tensioner TODA Racing

Full exhaust system TODA Racing

Hondata Flashpro Tuning

Air filter K&N

Spec stage 3+ single plate clutch

Eksterior

Aero Kit Mugen Japan

Kaki-kaki

Velg Volk Racing CE28 Time Attack Honda Edition 18 x 8,5 +48

Ban Achilles ATR K-Sport 235/40/18

Rem Endless 6 pistons caliper & upsize rotors

Interior

Shift knob Mugen Japan

Workshop:

Steve Garage, Jalan Soekarno Hatta No.168 Pekanbaru, 0819-0534-2419

Check Also

Toyota Team Indonesia Otoschnell (1)

Toyota Team Indonesia Kembali Sikat Gelar Juara Nasional

Setelah memastikan juara nasional balap touring kelas 1600 Max di ISSOM 2017, Toyota Team Indonesia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *