Tuesday , September 26 2017

Honda Perkenalkan Motor Canggih Dengan Fitur Self-Balancing Assist

Melihat motor berdiri sendiri dan seimbang memang bukanlah hal yang baru. Namun, sejauh ini hal tersebut sudah banyak dilakukan oleh para insinyur menggunakan roda giroskop. Berbeda dengan teknologi baru yang dilakukan pabrikan Honda yang menggunakan ban pada umumnya dengan motor elektrik yang relatif kecil dan beberapa software didalamnya. Perkenalkan fitur ‘Self-Balancing Assist’ terbaru dari Honda.

honda-unveils-groundbreaking-self-balancing-motorcycle-tech-at-ces-2017_2

Proyek ini dikembangkan dan dikerjakan oleh insinyur yang sama dengan pembuat robot ASIMO, mereka mengklaim bahwa produknya ini akan mencapai tahap produksi sesegera mungkin. Para insinyur tersebut membuat motor dapat menyeimbangkan sendiri dalam posisi kecepatan yang rendah bahkan saat berhenti dengan cara membuat fork dan kemudi yang menyesuaikan secara otomatis lewat perangkat yang telah disebutkan diatas.

honda-unveils-groundbreaking-self-balancing-motorcycle-tech-at-ces-2017_3

Kesimpulannya, ketika motor berada pada batas kecepatan rendah (sekitar 4,8km/h) atau berhenti sekalipun, fork pada motor akan secara otomatis menyesuaikan sudut ketinggian hingga stabil dibantu oleh motor elektrik yang secara otomatis akan menggerakkan kemudi ke kiri dan kanan sehingga pengendara tak perlu menginjakkan kakinya ke tanah.

honda-unveils-groundbreaking-self-balancing-motorcycle-tech-at-ces-2017_4

Semua dilakukan oleh software canggih didalam motor elektrik tersebut sehingga motor dapat melakukan hal seperti yang dicontohkan dalam video diatas. Tak hanya itu, software tersebut juga memungkinkan motor ini menjadi seperti hewan peliharaan OS-ers yang akan mengikuti kemanapun Anda pergi dengan menempelkan tangan pada lampu depan sehingga motor dapat membaca pergerakan Anda.

Sejauh ini, Honda belum secara resmi mengumumkan kapan pastinya waktu ‘sesegera mungkin’ tersebut, namun rumor yang beredar bahwa pabrikan asal Jepang tersebut akan siap meluncurkan motor perdana dengan fitur ini sekitar 2 tahun mendatang.

Source: Honda

Check Also

Renault McLaren F1 Otoschnell

McLaren dan Renault Resmi Kolaborasi di Balap Formula 1

Setelah ditunggu-tunggu, akhirnya McLaren Racing dengan Renault Sport Racing akhirnya secara resmi mengumumkan kerjasama di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *