IXOR 2017 Seri 2 – Perdana Kolaborasi Speed Offroad dan Sprint Rally

IXOR Seri II 2017 - Otoschnell-3-2

Pada Sabtu dan Minggu (20-21/5) ini Sirkuit Paramount Land kembali menjadi tempat penyelenggaraan Kejurnas Speed Offroad. Dan untuk pertama kalinya, penyelenggaraan kejurnas seri 2 ini dilaksanakan berbarengan dengan Kejurnas Sprint Rally yang juga merupakan seri 2 untuk 2017 ini. Jalur trek yang dilewati speed offroad dan sprint rally ini sama persis.

IXOR Seri II 2017 - Otoschnell-4-2

Menurut Hariono selaku wakil ketua IMI bidang olahraga mobil ini adalah terobosan baru. “Dengan digabung seperti ini 2 event dapat terselenggara dan juga menghadirkan event yang lebih ramai dan berkualitas,” kata Hari.

IXOR Seri II 2017 - Otoschnell-8

Sementara Rifat Sungkar sebagai salah seorang yang memberikan ide penggabungan event sangat puas melihat animo peserta. “Selain itu dengan pelaksanaan seperti ini maka teman-teman pereli juga melihat seperti apa balapan speed offroad yang ternyata mobil-mobilnya sangat kencang,” kata Rifat yang seorang pereli tapi sekarang lebih sering turun di ajang speed offroad.

IXOR Seri II 2017 - Otoschnell-3

Jumlah peserta kali ini mencapai 251 mobil. Terdiri dari 181 peserta speed offroad dan 70 peserta reli. Tak heran jika suasana paddock juga menjadi bertambah ramai dengan banyaknya mobil balap yang siap untuk berlaga.

IXOR Seri II 2017 - Otoschnell-4

Kejurnas speed offroad atau yang lebih dikenal dengan Indonesia Xtreme Offroad Racing (IXOR) seri 2 ini akan menghadirkan persaingan yang ketat khususnya di kelas tertinggi yaitu kelas 5.4. Kelas ini diikuti mobil-mobil bermesin 8 silinder pro full modifikasi.

IXOR Seri II 2017 - Otoschnell

Beberapa nama yang selalu mendominasi papan atas masih ikut. Sebut saja H Sam, Johny Syahputra, Tb Adhi, Rifat Sungkar, H Rihan Variza, Hari SBM, Yusdar Umar, H Atuy, H Dirman, H Pembekal, Rizal Sungkar dan sebagainya. Hal yang membuat lebih seru untuk pertama kalinya Subhan Aksa turun di kelas ini. Subhan yang merupakan pereli nasional dan sudah berlomba di banyak negara ternyata penasaran ingin mencoba ketat dan kerasnya persaingan di kelas ‘para raja’ IXOR.

IXOR Seri II 2017 - Otoschnell-2

Untuk sirkuit sendiri menghadapi seri 2 dilakukan beberapa perubahan layoutnya. Tikungan dibuat lebih berkarakter high speed sehingga mobil bisa dipacu lebih kencang.

IXOR Seri II 2017 - Otoschnell-5

Untuk membuat trek lebih enak ditonton dan seru diberikan tambahan cairan kimia. Cairan itu adalah cairan polymer pengikat debu Newsaver Green-865. Produk dari PT Wolio Sejahtera ini membantu trek menjadi lebih keras dan tidak terlalu banyak debu yang terbang ketika kering dan dilewati mobil.

IXOR Seri II 2017 - Otoschnell-6

Menurut La Ode Nasir cairan ini sudah menjadi kebutuhan di area tambang sehingga jalanannya yang masih tanah kuat. “Kita enggak mampu membuat debu hilang sama sekali tapi sangat bisa untuk menguranginya,” kata La Ode selaku pimpinan PT Wolio Sejahtera.

IXOR Seri II 2017 - Otoschnell-7

Sebelum babak final atau yang dikenal dengan ‘Best 10’ kejuaraan Speed Offroad dimulai, para pembalap beserta navigator berkesempatan melakukan parade untuk seremoni sekaligus menghibur para penonton.

Speed Offroad IXOR 2017 BSD

Terjadi banyak drama pada balapan seri ini, seperti mobil H. Sam yang terbakar karena fuel line failure, hingga H. Dirman yang sempat keluar track karena kerusakan pada mobilnya. “Sempat full throttle sampai akhirnya sasis bagian bawah patah dan memotong jalur pengereman, alhasil tidak bisa mengerem” Tulisnya pada akun sosial media sebagai konfirmasi.

IXOR Seri II 2017 - Otoschnell-2-2

Dira dari tim JF Sulfur pun sempat mengalami kendala blown engine, padahal mobil yang digunakannya sedang pada kondisi puncak performa terbaiknya.

IXOR Seri II 2017 - Otoschnell-6-2

Hasil akhirnya, Subhan Aksa sang pereli Nasional dan Internasional keluar sebagai Best Overall di peringkat pertama, disusul Jhoni, putra dari H. Sam di podium kedua, lalu ada Doni di posisi ketiga dan Rifat Sungkar di posisi keempat. Dari Jadwal yang dirilis sementara oleh pihak panitia, rencananya seri keempat akan diadakan di lokasi yang sama, yakni sirkuit Paramount Land, BSD, Tangerang Selatan. Sampai jumpa pada event selanjutnya.

Check Also

GIIAS 2017 Otoschnell (3)

Beberapa Promo Menarik di GIIAS 2017 Weekdays Special

Gelaran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 kembali digelar selama 10 hari mulai tanggal 10 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *