Thursday , December 13 2018

IXOR 2017 Seri 5 Final Round – The Judgement Day

IXOR 2017 Final Indonesia Xtreme Offroad Racing Otoschnell (10)

Pertarungan seri akhir Kejurnas Indonesia Xtreme Off Road Racing (IXOR) 2017 memang merupakan ajang yang ditunggu-tunggu sebagai pembuktian dominasi di kelasnya masing-masing. Namun kelas yang bergengsi khususnya di kelas FFA 8 Silinder Pro berlangsung sangat ketat. Masing-masing kelas yang diisi sebanyak 150 starter terbagi lagi di kelas pamungkas yang disebut Grup G5 dengan 14 peserta yang siap menggeber spek kendaraan tubular yang sophisticated.

IXOR 2017 Final Indonesia Xtreme Offroad Racing Otoschnell (3)

Selain itu di trek Paramount Serpong Tangerang Selatan kali ini, kelas FFA 8 Silinder Pro pun kembali diramaikan dengan kehadiran Douglas Mittag atau ‘Doug’ – offroader asal Amerika Serikat yang juga sosok seorang pembalap di Seri Lucas Oil Off Road Racing USA yang kembali turun menghadapi Rifat Sungkar dari Pertamax Motorsport Racing Team.

IXOR 2017 Final Indonesia Xtreme Offroad Racing Otoschnell (4)

IXOR 2017 Final Indonesia Xtreme Offroad Racing Otoschnell (7)

Haji Sam yang seri 4 kemarin sempat digantikan oleh pembalapnya, yaitu Doug Mittag juga kembali bertanding. Namun sangat disayangkan, salah satu pembalap andalan HRVRT BMB Motorsport yaitu TB Adhi ternyata kali ini tak lagi turun di Kelas FFA 8 Silinder Pro karena tunggangannya masih bermasalah. Untuk obat ‘gatal’ dan pelipur lara TB Adhi tetap balapan tapi dengan Jeep Cherokee. Tentu tak lagi di kelas FFA 8 Silinder Pro tapi di Kelas G4.2.

IXOR 2017 Final Indonesia Xtreme Offroad Racing Otoschnell (6)

Saat dimulai official practice pada Jumat (10/11) yang sempat diwarnai turunnya hujan jelang berakhirnya waktu yang ditetapkan, beberapa peserta mengaku terkejut dengan ubahan trek yang baru. “Jumpingannya bikin ngilu. Bakal diubah lagi nggak yaa sudut jumpingnya?,” Ujar Robby Prasetyo selaku navigator Haji Gandi di Tim AHSRT. Namun sudah ditetapkan oleh Eri Rinzani yang akhirnya didapat kesimpulan tak akan dilakukan perubahan lagi. Karena ketika dijajal semua lintasan aman. Maka driverlah yang harus siap melakukan penyesuaian dengan segala macam kondisi. Termasuk  bila perlu mengubah style menyetir ketika di dalam trek Serpong. Brutal game, yet entertaining.

IXOR 2017 Final Indonesia Xtreme Offroad Racing Otoschnell (8)

Berdasarkan fakta, selain mengubah sedikit layout trek Paramount dengan menambah jumpingan selain untuk mengurangi kecepatan rata-rata peserta juga untuk membuat tontonan lebih menarik. Namun ternyata di Kejurnas Indonesia Xtreme Off-Road Racing (IXOR) 2017 Seri 5 hari pertama Sabtu (11/11) catatan waktu peserta justru lebih kencang dibanding Seri 4 lalu di tempat yang sama.

IXOR 2017 Final Indonesia Xtreme Offroad Racing Otoschnell (5)

Pesertanya di Kelas 8 Silinder Pro memang cukup berat. Sebut saja nama seperti Jhoni Saputra dan Doni Saputra offroader muda yang masih berusia belasan tahun pemegang peringkat 1 dan 2 Klasemen Puncak. Masih ada lagi Sungkar bersaudara yaitu Rifat dan Rizal, Rihan Fariza,  Hariono, Yusdar Umar, Atuy Fatturahman, Ijeck dan sebagainya.

IXOR 2017 Final Indonesia Xtreme Offroad Racing Otoschnell (9)

IXOR 2017 Final Indonesia Xtreme Offroad Racing Otoschnell (2)

Tapi ubahan trek yang dilakukan memang membuat pertarungan semakin seru. “Karena waktunya sangat terbatas maka tak banyak pilihan memodifikasi trek. Hanya ada 3 jumpingan baru selebihnya perbaikan trek saja. Hehehehe,” kata Eri Rinzani. Pacenote yang sudah dibuat pun ada perubahan. “Saya suka trek ini. Sangat tricky dan lebih condong kearah teknis dari driver dan navigator” kata Doug Mittag usai mengikuti balapan. Congrats for all the winner of this season… hope to see you again in 2018!

IXOR 2017 Final Indonesia Xtreme Offroad Racing Otoschnell (1)

Check Also

Jakarta Custom Culture II 2017 – Distinguished Cars & Bikes

Bagi yang belum sempat datang ke event kedua dari Jakarta Custom Culture, Otoschnell sempat mengabadikan beberapa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *