IXOR & Sprint Rally 2017 Seri 3 – Epic Battle, Crash, Close Call

Speed Off-Road Indonesia IXOR Otoschnell (13)

Balap Indonesia Extreme Off-Road Racing seri ke-3 yang dilaksanakan di Sirkuit Paramount Land, Tangerang Selatan telah selesai terselenggara selama 3 hari dari tanggal 4 – 6 Agustus 2017. Meskipun demikian, cerita di sirkuit tentang drama dan persaingan para pembalap kelas atas selalu hangat untuk diulas. Balap IXOR & Sprint Rally 2017 Seri 3 ini meninggalkan banyak adegan dramatis yang membuat euphoria tersendiri bagi semua elemen yang menyaksikan secara langsung.

Speed Off-Road Indonesia IXOR Otoschnell (1)

Speed Off-Road Indonesia IXOR Otoschnell (17)

Speed Off-Road Indonesia IXOR Otoschnell (10)

Di hari Jum’at (4/8) semua peserta IXOR melakukan shakedown untuk pengambilan waktu/QTT disusul dengan Special Stage pertama untuk balap Sprint Rally semua kelas. Seperti seri sebelumnya yang juga diadakan di sirkuit ini, gelaran IXOR dan Sprint Rally berkolaborasi dengan apik yang membuat animo dari event ini semakin besar.

Speed Off-Road Indonesia IXOR Otoschnell (7)

Agar tak berbenturan dengan agenda IXOR, maka Sprint Rally dibuat hingga sekitar 10 malam pada hari tersebut. Berbagai pembalap kawakan pun kembali beraksi, dari sang legendaris Erwin Manca yang dirangkul tim Best Parking, sampai Dr.Herry Agung. Selain mengejar selisih waktu yang ketat, mereka juga menampilkan atraksi yang ekstrim, dari super jump yang tinggi…

Speed Off-Road Indonesia IXOR Otoschnell (8)

Sampai pembalap yang datang dari kota Malang, Jatim. Yakni Abiyyu Brilliandityo yang akrab disapa Abi. Pembalap dari tim MBR yang memacu Toyota Corolla DX ini rela duduk di atas bulkhead sambil melanjutkan sisa lintasan balap karena throttle cable nya bermasalah. “Memang dari hari pertama sempat bermasalah mas, pas udah di posisi 5 kejadian lagi, daripada tanggung ya saya nekat aja. Masalah hasil belakangan yang penting usaha dulu” Reminds me of Group B Rally where the scene was very intense, you’re insane bro! Mad props for the effort…

Speed Off-Road Indonesia IXOR Otoschnell (2)

Kelas Jimny dan Cherokee pun berhamburan keluar untuk mencatatkan best time mereka masing-masing. Banyak dari mereka yang memiliki gap waktu sangat tipis dengan lawannya. Artinya mereka semua ambisius pada pertarungan ini.

Speed Off-Road Indonesia IXOR Otoschnell (3)

Tiba saatnya masuk pada kelas FFA yang didominasi oleh kendaraan tubular dengan mesin ganas seperti JZ series sampai LS Series. Karena terlalu semangat, beberapa pembalap ada yang terpaksa DNF karena kecelakaan brutal yang membuat mobil balap mereka terpaksa kembali masuk kandang. Seperti Julian Johan ‘Jeje’ dari tim AHSRT dan Edwin dari Dyno DSS.

Speed-Off-Road-Indonesia-IXOR-Otoschnell-(19)

Speed Off-Road Indonesia IXOR Otoschnell (5)

Tikungan ‘angker’ digadang sebagai penyebabnya, ada pelumas yang berceceran akibat salah satu mobil dari Banteng Motorsport yang pecah gardan/ transfercase di tikungan tersebut. Meski sudah ditanggulangi dengan serbuk untuk menutupi pelumas tersebut, namun kecelakaan tetap tak terhindarkan. Thank’s to FIA safety equipment, semua pembalap yang mengalami insiden tersebut tak mengalami luka serius.

Speed Off-Road Indonesia IXOR Otoschnell (4)

Speed Off-Road Indonesia IXOR Otoschnell (6)

Speed Off-Road Indonesia IXOR Otoschnell (9)

Speed Off-Road Indonesia IXOR Otoschnell (12)

Masuk kedalam kelas Clash of The Titans, atau kelas Best Overall, Rifat Sungkar yang sempat mengalami kendala pada mobilnya sejak hari pertama, harus puas pada posisi ke 3 pada balapan kali ini dan mengurungkan niat untuk menjajal mobil barunya. Akhirnya Ia tetap menggunakan mobil sebelumnya untuk balap kali ini (baca beritanya disini). Sedangkan posisi pertama ditempati oleh putra dari H. Sam yakni Jhoni Saputra dari Jhonlin Racing Team (JRT).

Speed Off-Road Indonesia IXOR Otoschnell (16)

Super jump terakhir sempat membuat was-was karena nyali dan keinginan dari Jhoni untuk menang sangat tinggi, alhasil saat lompatan sebelum finish, angle ban mobil tubular-nya sempat mengarah ke arah awak media kami. Namun beruntung tak terjadi insiden mengerikan karena skill pembalap muda tersebut memang patut diacungi jempol.

Speed Off-Road Indonesia IXOR Otoschnell (15)

Speed Off-Road Indonesia IXOR Otoschnell (14)

Dengan berakhirnya pertarungan sengit Best Overall, maka berakhir pula gelaran IXOR 2017 putaran ketiga kali ini. Sirkuit Paramount Land memang punya banyak cerita tersendiri bagi semua elemen yang hadir, terlebih lagi sirkuit ini merupakan satu-satunya sirkuit yang digunakan secara 2 kali berturut-turut untuk penyelenggaran ajang balap IXOR 2017. Sampai jumpa pada kesempatan selanjutnya!

Speed Off-Road Indonesia IXOR Otoschnell (11)

Speed Off-Road Indonesia IXOR Otoschnell (18)

Check Also

Rifat Gagal Start Otoschnell

IXOR 2017 Seri 3 – Rifat Sungkar Belum Bisa Start Pada Sesi QTT

Sedih, tegang, cemas, bercampur dalam situasi di paddock tim Pertamax Motorsport hari Jum’at (4/8). Pasalnya, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *