Sunday , December 17 2017

IXSOR & Sprint Rally 2017 Seri IV – Same Circuit, Different Story

IXSOR Speed Offroad 2017 Seri IV Otoschnell (7)

Gelaran balap Speed Off-Road Indonesia yang bertajuk IXOR (Indonesia Xtreme Offroad Racing) telah berubah nama menjadi IXSOR (Indonesia Xtreme Sprint Offroad Racing) karena menggabungkan 2 jenis balap sekaligus, yakni Sprint Rally & Speed Off-Road pada sirkuit Paramount Land, Tangerang Selatan. Masih di sirkuit yang sama dengan seri sebelumnya, IXSOR putaran ke-4 kali ini memiliki sejumlah kejutan bagi partisipan dan para penonton.

IXSOR Speed Offroad 2017 Seri IV Otoschnell (3)

Seperti biasa, sprint Rally dimulai pada hari Jum’at (6/10) hingga Sabtu (7/10). Dalam SS atau special stage yang mereka lewati, terdapat balapan pada malam hari yang mengharuskan konsentrasi ekstra bagi tim dan pembalap untuk menaklukkan sirkuit yang memiliki jump berupa jembatan setinggi 2 meter ini. Balap Sprint Rally malam hari dilangsungkan hingga pukul 22.00 WIB.

IXSOR Speed Offroad 2017 Seri IV Otoschnell (6)

Hari Sabtu, mereka kembali berkompetisi untuk memperebutkan posisi puncak klasemen sementara pada kategori balap masing-masing yang kemudian dilanjutkan dengan balap IXSOR putaran ke-4 yang diisi oleh ratusan mobil-mobil Speed Offroad buas yang siap dipacu di trek tanah. Sadikin Aksa, Ketua PP IMI menyampaikan, “Kejurnas ‘Indonesian Xtreme Sprint Offroad Championship (IXSOR) 2017’, merupakan ajang yang tepat dan dinantikan oleh para offroader dan pereli muda untuk menyalurkan hobi dan sekaligus kesempatan menjadi juara nasional” Bukanya.

IXSOR Speed Offroad 2017 Seri IV Otoschnell (10)

IXSOR Speed Offroad 2017 Seri IV Otoschnell (11)

“Memasuki putaran ke-4 ini, kami melihat ajang kejurnas ini telah berlangsung kompetitif, tentunya dengan persiapan yang matang dari masing-masing peserta dan dukungan dari Paramount Land yang telah mempersiapkan lahan dan infrastruktur yang sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh PP IMI. Sirkuit Paramount Land di Gading Serpong ini sudah didesain dengan bagus untuk kompetisi atau latihan dengan rintangan dan jembatan setinggi 2 meter. Kami berharap agar kejurnas speed offroad atau reli putaran ke-4 ini dapat berjalan lancar dan tentunya hal seperti ini dapat terus dipertahankan agar olahraga otomotif di Indonesia semakin maju dan semakin banyak diminati oleh masyarakat khususnya pehobi otomotif,” Ungkap Sadikin Aksa.

IXSOR Speed Offroad 2017 Seri IV Otoschnell (9)

IXSOR Speed Offroad 2017 Seri IV Otoschnell (2)

Event yang mengkolaborasikan cabang Speed Offroad dan Sprint Rally ini kembali dimeriahkan oleh ratusan peserta yang notabene adalah offroader dan pereli papan atas nasional seperti Rizal Sungkar/Anthony Sarwono (Pertamax Motorsport), Haji Sam/Jhony (JRT), Haji Rihan/Boy Martadinata (HRVRT), Ryan Nirwan/Adi Indiarto (BRM), Yusdar Umar/Hade Mboi (JMM), dan masih banyak nama-nama lainnya.

IXSOR Speed Offroad 2017 Seri IV Otoschnell (1)

IXSOR Speed Offroad 2017 Seri IV Otoschnell (4)

Rifat Sungkar dari tim Pertamax Motorsport memiliki kejutan pada seri ini. Yakni kendaraan Buggy hasil modifikasi dari Jhonlin Racing Team yang bermarkas di Batu Licin, Kalimantan Selatan yang akan digunakan untuk mendominasi kelas FFA 8 silinder menggunakan mesin LSX. FYI, mesin tersebut tidak diproduksi untuk masal, melainkan mesin ber-spesifikasi khusus untuk balap. Deru mesin LSX berkapasitas 7.200cc miliknya bertambah merdu berkat kombinasi gearbox Weismann yang berjenis dogbox sekuensial. Dengan mobil barunya, Jhoni yang tetap menduduki posisi best overall dari tim JRT ditempel ketat dalam perolehan posisi sementara oleh Rifat Sungkar bersama M. Redwan sang navigator di posisi kedua.

IXSOR Speed Offroad 2017 Seri IV Otoschnell (5)

IXSOR Speed Offroad 2017 Seri IV Otoschnell (12)

Sirkuit ini secara layout dan panjang masih sama dengan yang dipakai pada seri 2 yang lalu. Tapi agar tidak bosan dan selalu menghadirkan ‘sensasi’ baru maka beberapa bagian layout dan rintangan sirkuit diubah. Menurut Hariono dari SMN selaku penyelenggara lomba, sirkuit dibuat lebih tricky. “Tikungan dibuat lebar tapi jumpingan sekarang lebih tinggi,” ungkap Hari saat ditemui hari Rabu kemarin. Contoh tricky  ini misalnya setelah jumpingan langsung berbelok. Misalnya saja di daerah dekat podium penonton.

IXSOR Speed Offroad 2017 Seri IV Otoschnell (8)

Selain itu menurut Hari sekarang sebelum masuk terowongan dibuat jumpingan. Ini adalah ‘rintangan’ baru. “Di bagian ujung yang jalanannya turunan itu sekarang turunannya dibuat lebih dalam kemudian langsung belok kiri,” beber Hari lagi. Di tikungan ini menurut pengalaman bikin driver kerap salah perhitungan hingga berakibat mobil ‘klonthang’. Jika dibuat seperti ini maka pasti akan semakin seru dan ‘enak’ ditonton. Ok Guys, see you at another round of IXSOR 2017.

Check Also

IXOR 2017 Final Indonesia Xtreme Offroad Racing Otoschnell (6)

IXOR 2017 Seri 5 Final Round – The Judgement Day

Pertarungan seri akhir Kejurnas Indonesia Xtreme Off Road Racing (IXOR) 2017 memang merupakan ajang yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *