Wednesday , September 20 2017

Jambore Nasional 48 Volkswagen Indonesia – Tasikmalaya Banjir Ribuan Pecinta VW

Jamnas VW 48 Tasikmalaya Otoschnell

Berlokasi di Area Perkantoran Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, acara akbar bagi pecinta pabrikan asal Jerman, Volkswagen, telah sukses terselenggara selama 2 hari berturut-turut dari Sabtu hingga Minggu (19-20/8). Acara klub Volkswagen Indonesia Association ini merupakan Jambore Nasional ke-48 setelah sebelumnya di Jamnas ke-47 diadakan di Ancol, Jakarta Utara.

Jamnas VW 48 Tasikmalaya Otoschnell

Loading dimulai pada hari Jum’at (18/8), diikuti dengan kedatangan para rombongan yang berasal dari luar kota hingga luar pulau. Meskipun demikian ada beberapa rombongam yang miskalkulasi waktu kedatangan akibat hambatan yang terjadi di jalan seperti mencari rute dan sebagainya. Namun hal tersebut tak menyurutkan niat mereka sama sekali, terbukti saat kedatangan rombongan tersebut pada Sabtu paginya, mereka pun langsung mengikuti agenda yang telah disusun oleh panitia Jamnas kali ini yakni VECTA atau Volkswagen Club Tasikmalaya seperti yang kami sampaikan pada saat acara press confrence beberapa saat lalu.

Jamnas VW 48 Tasikmalaya Otoschnell

Agenda pun dibuka dengan sambutan dari beberapa elemen penting dari acara tersebut, seperti Bapak Komjen Pol (Purn) Drs. Nanan Soekarna selaku Ketua Umum VIA yang menyampaikan bahwa kehadirannya di kota Tasikmalaya sangat berkesan. “Saya ingin mengucapkan terima kasih banyak untuk seluruh pihak yang hadir. Tercatat sekitar 772 unit VW dan sekitar 1.152 partisipan yang ter-registrasi, namun ada juga yang belum tercatat dan ikut hadir disini saya ucapkan juga terima kasih banyak sudah turut meramaikan acara ini” Ujar Nanan.

Jamnas VW 48 Tasikmalaya Otoschnell

Jamnas VW 48 Tasikmalaya Otoschnell

VECTA selaku tuan rumah Jamnas kali ini menyuguhkan rentetan acara yang unik. Dimulai dari rolling thunder yang diikuti para klub VW berbagai daerah menuju Gong Perdamaian yang terletak di Karangmulyan yang juga merupakan situs purbakala. Disini juga Bapak Komjen Pol (Purn) Drs. Nanan Soekarna menanam bibit pohon sebagai simbol perdamaian.

Jamnas VW 48 Tasikmalaya Otoschnell

Perjalanan rombongan berlanjut ke Kampung Naga, Desa Neglasari, Garut. Disini rombongan VW Indonesia Association disuguhkan tarian adat suku pedalaman penduduk setempat. Disini pula Bapak Komjen Pol (Purn) Drs. Nanan Soekarna melepas bibit atau benih ikan yang menjadi simbol pelestarian adat istiadat setempat.

Jamnas VW 48 Tasikmalaya Otoschnell

Jamnas VW 48 Tasikmalaya Otoschnell

Pada pukul 16.45, rombongan tiba di lokasi utama Jamnas yakni Area Perkantoran Kabupaten Tasikmalaya. Sambil menunggu acara utama yakni pembukaan secara resmi dimulai, partisipan yang hadir dihibur dengan tarian dan nyanyian adat. Beberapa kata sambutan dilontarkan oleh pejabat dan yang berwenang seperti Bupati Kabupaten Tasikmalaya H. Uu. Ruzhanul Ullum, Ketua Panitia Hendi Rohaendi, Deputi Bidang Pencegahan BNN Irjen. Pol Drs. Ali Johardi Wirogioto, Kapolda Jawa Barat Irjen. Anton Charliyan, serta Ketua Umum VIA sendiri yaitu Komjen Pol (Purn) Drs. Nanan Soekarna.

Jamnas VW 48 Tasikmalaya Otoschnell

Deklarasi pembukaan Jamnas VIA pun secara resmi dikumandangkan serentak dengan membunyikan alat musik kayu khas Tasikmalaya. Seluruh elemen yang hadir juga ikut menandatangani perjanjian untuk memajukan dunia otomotif Indonesia. “Disini kita buktikan komitmen VIA untuk mendukung seluruh kegiatan otomotif Indonesia yang bersifat positif, mulai dari mencegah dan menanggulangi Narkotika dan perilaku tertib berlalu lintas dengan pelatihan yang ada. Maka dari itu, kita juga mengundang perwakilan dari 48 klub non-VW untuk berpartisipasi dalam deklarasi ini serta menandatangani perjanjian” Ujar sang Ketum Volkswagen Indonesia Association Komjen Pol (Purn) Drs. Nanan Soekarna.

IMG_0188

Selain acara utama, Jamnas ke-48 ini juga diisi dengan berbagai kegiatan lainnya, yakni kontes mobil VW, lapak yang menjual berbagai macam spare parts VW dan barang klasik lainnya. Bagi partisipan yang hadir tak perlu takut kelaparan karena berbagai booth makanan dan minuman juga hadir pada acara ini, salah satunya yang tak asing lagi adalah Filosofi Kopi yang dipunggawai oleh Ignatius Hendra Bingky Wanadjaja sang builder motor-motor radikal.

Jamnas VW 48 Tasikmalaya Otoschnell

Jamnas VW 48 Tasikmalaya Otoschnell

IMG_0180

Jamnas VW 48 Tasikmalaya Otoschnell

IMG_0175

IMG_0186

Jamnas VW 48 Tasikmalaya Otoschnell

Jamnas VW 48 Tasikmalaya Otoschnell

IMG_0139

Ketua Umum kembali menekankan bahwa ada perhelatan akbar lain di bulan November 2017 yakni Jogjakarta Volkswagen Festival. “Ini juga perhelatan besar. Sudah masuk ke tingkat dunia dan diakui bahwa ini adalah salah satu event VW terbesar di dunia. Masih ada waktu sekitar 3 bulan lagi, saya harap teman-teman media bisa meliput acara ini agar lebih banyak lagi yang tahu bahwa Indonesia makin memiliki event otomotif taraf Internasional” Tutup Nanan.

Check Also

Jambore Nasional Volkswagen Indonesia Otoschnell

Volkswagen Indonesia Gelar Press Confrence Jelang Jambore Nasional Volkswagen Indonesia ke 48

Rapat kerja nasional (rakernas) Volkswagen Indonesia Asosiasi (VW INA) selaku induk organisasi klub/ komunitas Volkswagen …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *