Thursday , December 13 2018

Mengenal Jenis-jenis Karet Mobil Dan Permasalahannya

Musim hujan masih melanda di berbagai wilayah Indonesia, nah karet bodi mobil merupakan salah satu parts yang rentan sehingga harus diperhatikan secara seksama. Apa saja yang permasalahan dan solusinya? cek artikel berikut.

Karet Chanel/ Weather Strip:

foto-karet-channel

Karet chanel kaca adalah karet yang bertugas mencegah air dan debu masuk melalui celah antara kaca dan frame, memperhalus dan meluruskan gerakan naik dan turun kaca dan yang terakhir meredam getaran kaca saat mobil berjalan serta menahan bagian atas kaca saat posisi tertutup. Menurut Sokhimi, Service Advisor dari Daihatsu Astrido Serpong, ciri kerusakan pada komponen ini ditandai dengan suara berderit yang diakibatkan oleh kotoran, debu, & pasir halus yang bersarang. Dan jika keadaan tersebut dibiarkan dalam jangka waktu lama dalam kondisi hujan serta panas, maka karet akan mengeras dan rusak, “Khusus untuk karet chanel, perawatan dapat dibersihkan dengan semprotan angin bertekanan tinggi untuk merontokkan debu dan kotoran di sela-selanya, namun jika sudah rusak, harganya adalah Rp.77 ribu untuk All New Xenia” pungkasnya.

Karet Pintu & Bodi:

foto-karet-pintu

Karet pintu dan bodi bentuknya hampir mirip seperti selang air, yaitu dengan bagian tengah yang bolong menempel pada pintu dan bodi mobil. Karena itu karet jenis ini sering diistilahkan sebagai karet balon. Karet balon pintu & bodi memiliki 3 fungsi utama, yaitu mencegah air dari luar masuk ke dalam mobil, mencegah udara/ angin yang membawa debu masuk ke dalam mobil dan meredam getaran pintu, sehingga tidak menimbulkan bunyi berisik, “Karet pintu dan bodi yang sudah termakan usia biasanya getas dan mudah robek, bisa saja tersangkut benda ketika menutup pintu sehingga sering tertekuk” terang Rahman Sulaiman pemilik bengkel spesialis karet mobil di bilangan Sangiang, Tangerang. Ia membanderol karet pintu OEM Toyota Vios generasi awal seharga Rp.178 ribu dan untuk karet bodi Rp.105 ribu. Sedangkan Sokhimi dari Astrido Daihatsu Serpong bilang harus menyiapkan dana sebesar Rp.280 ribu untuk karet pintu dan Rp.140 ribu untuk karet kaca All New Daihatsu Xenia.

Panggangan Sate/ Cowel Panel:

foto-vowl-cover

Cowel Panel atau yang lebih dikenal dengan ‘panggangan sate’ relatif jarang rusak. Fungsinya adalah mengalirkan air dari kisi-kisi lalu dibuang lewat kolong fender. Namun ternyata sekalinya rusak, parts ini cukup menguras kantong, “Cowel panel memiliki posisi yang cukup aman jadi jarang sekali rusak. Terlebih lagi materialnya yang terbuat dari plastik serta dilindungi oleh karet pada bagian depan yang berfungsi agar tidak bersinggungan langsung ketika membuka dan menutup kap mesin sekaligus melindungi mesin dari cipratan air. Harganya cukup tinggi, yakni Rp.1,5 juta untuk All new Xenia” terang Service Advisor berdarah Jawa tersebut. Namun jangan khawatir, Kurniawan Probo atau yang akrab disapa Obo punya tawaran menggiurkan bagi yang tidak ingin membeli baru, “Buat Avanza Veloz, saya biasa jual Rp.750 – 850 ribu tergantung kondisi, namanya seken ya pasti ada saja kekurangannya kayak warna pudar atau sedikit ada gores hehe” kekeh pemilik lapak di Asem Reges, jakbar ini.

Karet dek/ Floor Hole Cover:

foto-floor-hole-cover

Karet yang satu ini lebih menyerupai sebuah koin ketimbang selang. karet dek bisa dibuka pasang untuk menghalau air atau kotoran yang ada di atas dek sehingga dek mudah dibersihkan atau dikeringkan kembali. Pemasangan karet dek sendiri sangat mudah, dengan cara ditekan tangan kosong, tetapi yang agak merepotkan adalah membongkar karpet dasar mobil itu sendiri. “Karet ini biasa getas atau robek karena perubahan suhu sama seperti karet lainnya, apalagi bagi yang sering menerjang genangan atau bahkan banjir” ujar pengoleksi blangkon tersebut yang menyebutkan harga karet OEM All new Daihatsu Xenia berada di kisaran Rp.5 – 7 ribu per buah.

Check Also

Java Scooter Rendezvous 2017 – Bogor Lautan Skuter se-Indonesia

Acara Java Scooter Rendezvous (JSR) 2017 berhasil mengubah area Citra Indah, Bogor, Jawa Barat menjadi …

Penuhi Janji, BMW serahkan 100,000 kendaraan listrik pada konsumen di 2017

Penuhi janjinya di awal 2017, BMW Group telah serahkan lebih dari 100,000 kendaraan listrik kepada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *