Thursday , December 13 2018

Mitsubishi Galant (EA5A) – 315hp Twin Turbo Shark

Mitsubishi Galant Twin Turbo Otoschnell (6)

Biasanya, hadiah birthday anniversary dikhususkan pada orang tersayang, tercinta dan lainnya. Contohnya orang tua, pasangan, atau sahabat. Namun beda dengan pemilik Mitsubishi Galant milik Muhammad Anandityo, dimana dirinya memberikan kado spesial kepada mobil kesayangannya.

Mitsubishi Galant Twin Turbo Otoschnell (9)

“Mitsubishi Galant ini 2 tahun yang lalu sudah mengadopsi tampilan seperti Mitsubishi Galant VR-4. Dan saya sudah berencana mengganti mesin Galant EA5A dengan mesin 6A13TT. Namun waktu itu, ubahan hanya sekitar body parts aja, baru sekarang terwujud engine swap dan pasang beberapa detail dari VR-4 aslinya” Buka Dityo sapaan akrabnya.

Mitsubishi Galant Twin Turbo Otoschnell (11)

“Saya selalu ingat, mobil ini ulang tahunnya tanggal 3 Januari. Selama ini saya mengumpulkan uang agar bisa beli mesin 6A13TT ini. Dan di usianya yang ke-18, saya kasih hadiah mesin ini. Saya mulai pasang tanggal 5 Januari kemarin, selesainya pertengahan Februari,” ungkap Dityo.

Mitsubishi Galant Twin Turbo Otoschnell (10)

Mesin berkode 6A13TT merupakan mesin bawaan Mitsubishi Galant VR-4. Dengan 6 silinder 2.5L twin-turbo, mesin ini lebih powerful ketimbang mesin standar Galant lokal. Pemasangan pun memang tidak sulit karena sama-sama berbasis Mitsubishi Galant.

Mitsubishi Galant Twin Turbo Otoschnell (3)

Mitsubishi Galant Twin Turbo Otoschnell (4)

Mitsubishi Galant Twin Turbo Otoschnell (2)

Karena tenaga dirasa sudah besar, Dityo belum mau memberikan modifikasi besar-besaran untuk mesin yang digunakan saat ini. Hanya upgrade sedikit seperti bagian pengapian, fuel system, exhaust system, hingga pemasangan piggyback. Tenaga diakuinya sekitar 315 HP.

Mitsubishi Galant Twin Turbo Otoschnell (1)

Namun untuk sistem all-wheel drive Mitsubishi Galant VR-4, yang mana merupakan salah satu senjata, belum dipasang oleh Dityo. “Intinya belum urgent untuk mobil harian, dan juga dompet nafas dulu haha. Tapi kalau di tol, untuk top speed lebih enteng dengan front-wheel drive,” Bebernya.

Mitsubishi Galant Twin Turbo Otoschnell (8)

Untuk rodanya sendiri, jika sebelumnya menggunakan Enkei RP01, Dityo justru mengubahnya ke OZ Superturismo. Dalam penjelasannya, karena Galant ‘hiu’ ini sudah di-upgrade performanya, Dityo juga meng-upgrade bagian rem mobilnya dan suspensinya juga.

Mitsubishi Galant Twin Turbo Otoschnell (13)

 

Secara keseluruhan, tampilan eksterior Mitsubishi Galant ini masih sama seperti sebelumnya, yang sudah berubah menjadi Galant VR-4. Namun Dityo memberikan penyegaran yaitu dengan mengubah warnanya. “Pernah baca-baca, warna yang saya pakai ini adalah warna rare-nya Galant VR-4, dan juga belum ada yang pakai di Indonesia,” ungkapnya.

Mitsubishi Galant Twin Turbo Otoschnell (5)

 

Sama juga pada bagian interior, yang kurang lebih masih sama seperti sebelumnya. Hanya saja Dityo mengganti instrument cluster-nya ke Galant VR-4, disertai indikator tambahan, serta tuas perseneling berjenis short shifter menggantikan bawaannya yang sebelumnya automatic.

Mitsubishi Galant Twin Turbo Otoschnell (14)

Mitsubishi Galant Twin Turbo Otoschnell (12)

Belum mencapai titik maksimal, Dityo sudah menyiapkan rencana pada Mitsubishi Galant-nya. “Mau dicat dulu mas, lalu pasang all-wheel drive, dan juga interior dibuat seperti Galant VR-4. Kalau dananya masih ada, mau ganti topcut dari VR-4 juga,” tutup Dityo.

Mitsubishi Galant Twin Turbo Otoschnell (7)

Spec :
6A13TT Engine, HKS SQV IV BOV, A’PEXi Intercooler, HD 220 LPH Fuel Pump, K&N Air Filter, Custom 2.5” Stainless Pipe, Custom 3” Straight Pipe, Dastek Unichip Piggyback, NGK Iridium Spark Plugs, Blue Thunder Spark Plug Cable, Pivot Mega Raizin Volt Stabilizer, Samco Radiator Hose, Custom Stage 3 Clutch, OZ Superturismo Corsa 17×8” ET36 Wheels, Achilles 123S 235/45 Tires, BC Coilover Suspension, Undercontrol Under Brace, Galant VR-4 Strutbar, Galant VR-4 Brake Calipers, Lancer Evolution VIII Front Disc Brake, Brembo Brakepads, Galant VR-4 Front Bumper, Galant VR-4 Engine Hood, Galant VR-4 Side Skirt, Galant VR-4 Rear Bumper, Galant VR-4 Spoiler, Galant VR-4 One Piece Head Lamp, Galant VR-4 Stop Lamp, Galant VR-4 Emblems, Galant VR-4 Nardi Torino Steering Wheel, Galant VR-4 Instrument Cluster, Nardi Torino Orbit Shift Knob, Autogauge Boost Meter, Pivot Turbo Timer, Pioner P80RS II Head Unit, Gramond R1 Speaker, JL Audio W3V3 Subwoofer, Flux Neo 75.4 Power Amplifier, Performa ZD2200 Monoblock Amplifier.

Check Also

Mitsubishi Xpander Modifikasi Pertama Karya Anak Bangsa

Mitsubishi Xpander, akhir-akhir ini jadi MPV yang  banyak diperbincangkan. Mulai dari desainnya yang futuristis, kenyaman …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *