Thursday , December 13 2018

Mitsubishi Lancer Evolution IX (CT9A) – One of Indonesia’s Street Killer Evo

Mitsubishi Evo Pro Drag Otoschnell (4)

Bila kita sudah punya salah satu mobil impian, tentunya akan terus terpatri di pikiran untuk mengagumi mobil tersebut atau bahkan hingga memiliknya. Hal tersebut tercermin pada seorang pembalap kelas Free For All Reza Zulnizar, yang sebenarnya sudah memiliki generasi sebelumnya, namun kini bertambah Mitsubishi Lancer Evolution IX sebagai keluarga barunya.

Mitsubishi Evo Pro Drag Otoschnell (3)

“Dari dulu saya memang pecinta Lancer Evolution. Ketika saya mulai tinggal di Jakarta, pertama kali mobil yang saya kenal itu adalah Mitsubishi Lancer Evolution. Dulu tahun 2006 saya mempunyai Evo 8, lalu tahun 2008 punya Evo 9. Tapi tahun 2010 saya vakum untuk melanjutkan pendidikan, dan mobil-mobil tersebut saya jual,” Buka Reza sang owner.

Mitsubishi Evo Pro Drag Otoschnell (13)

 

 

 

Waktu berlalu dan secara kebetulan ia menemukan seseorang yang menjual Mitsubishi Lancer Evolution IX dengan kondisi telah dimodifikasi, Ia pun tidak mau menyia-nyiakan kesempatan. “Waktu saya mencari itu cukup susah, nah ada teman saya menawarkan Evo 9. Sejujurnya saya tertarik dengan mobil Evo 9 ini karena telah melihat spesifikasinya,” Katanya.

Mitsubishi Evo Pro Drag Otoschnell (14)

Seperti mobil balap ‘Pisang Ijo’ dan ‘der Panzer’ yang ia miliki, Reza juga tak luput untuk melekatkan sosok Batman pada Lancer Evo 9-nya. “Dari saya kecil, saya suka dengan film kartun Batman. Selain itu, (Batman) ini supaya menghadirkan suasana yang beda juga,” Beber Reza.

Mitsubishi Evo Pro Drag Otoschnell (6)

Berbicara mobil bertipe high performance keturunan balap reli ini, pastinya yang difokuskan adalah sekitar performanya. Mesin 4G63 andalan Lancer Evolution telah ditingkatkan kapasitasnya, dari 2.000 cc menjadi 2.400 cc. Tentunya hal ini mencakup internal mesin seperti crankshaft, piston, berikut camshaft dan yang berhubungan dengan performa sekaligus mengalami reinforcement.

 

Mitsubishi Evo Pro Drag Otoschnell (12)

Internal mesin yang diperkuat tersebut tujuannya juga untuk menerima boost dari turbo yang sudah direncanakan lebih besar ketimbang standar pabrik. Turbo yang digunakan adalah Owen Developments yang berukuran cukup rasional sehingga masih menyisakan space pada ruang mesin.

Mitsubishi Evo Pro Drag Otoschnell (11)

Selain itu, bagian luar mesin juga telah mendapati sejumlah ubahan untuk mengoptimalkan output mesin, sebut saja bagian intake hingga fuel system. “Mesin memang 2.400 cc, tapi tidak dibejek abis-abisan mas. Boost-nya 1,8 bar dan tenaga 450 HP on wheel,” bilang Reza.

Mitsubishi Evo Pro Drag Otoschnell (8)

Tenaga dikirimkan ke transmisi Holinger berjenis dog-box yang juga sudah dibekali limited-slip differential (LSD), serta ditemani kopling triple clutch. Untuk rodanya sendiri merupakan kombinasi velg Advan RG dengan ban Hankook Ventus R-S3. Sementara di interior Mitsubishi Lancer Evolution IX ‘Batman’ ini seluruhnya masih terpasang, tanpa ritual pengurangan bobot. “Mobil ini memang dipakai untuk jalan-jalan saja, makanya AC tetap berfungsi. Paling kurang nyamannya karena ada suara-suara dari dog-box. Dan juga koplingnya sangat keras, seperti saya sedang fitnes hahaha,” canda Reza.

Mitsubishi Evo Pro Drag Otoschnell (9)

Mitsubishi Evo Pro Drag Otoschnell (1)

Sempat diuji coba di arena drag race, Lancer Evolution IX ini meraih best time 11,6 detik. “Sebenarnya bisa lebih, boost masih bisa dinaikan. Tapi sayang mas mesinnya hahaha, jadi segini saja sudah cukup,” terangnya. Selain itu, Reza juga sudah tidak berencana untuk melakukan ubahan atau istilahnya upgrade pada Lancer Evo 9-nya. “Untuk yang balap sudah ada Pisang Ijo, kalau ini nanti bakal muncul di beragam kegiatan otomotif seperti kontes,” Tutup Reza. Welcome to Indonesian FFA club!

Mitsubishi Evo Pro Drag Otoschnell (2)

Spec :
Cosworth CNC Big Valves Cylinder Head, Cosworth Engine Valves (in/ex), Tomei 290 Camshaft, Tomei Cam Sprocket in(/ex), Brian Crower Billet Crankshaft, CP Pistons, Brian Crower Rods, Kings Engine Bearings, ARP Head Stud, ARP Main Stud, ATI Pulley Crank Damper, Owen Development GT3588 Turbo, Fullrace Turbo Manifold, TiAL MV-R External Wastegate, HKS Type R FIC, TiAL Q 50 BOV, Magnus Intake Manifold, Injector Dynamic 2000 cc Injectors, Bosch 044 External Fuel Pump, Holinger Sequential 6-speed Transmission, Wavestrac LSD, Carbonetic Carbon Triple Plate Clutch, Carbonetic Lightweight Flywheel, Advan RG Wheels, Hankook Ventus R-S3 Tires, HKS Hypermax Coilover Suspension.

Check Also

Circle Speed War 2017 – Ajang Drag Race Yang Diminati Banyak Pembalap Senior

Ajang adu kebut drag race Circle Speed War sepanjang 402 meter telah digelar di Sirkuit …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *