Monday , December 10 2018

Piaggio Vespa P 150 X 1980 – Polini 177cc engine & S.I.P Scootershop Goodies

Bagi sebagian orang, kendaraan roda dua sekedar difungsikan untuk transportasi dari poin A ke poin B. Namun seiring berkembangnya zaman, evolusi roda dua pun bervariasi dari jenis serta peruntukannya, dari sekedar sarana transportasi menjadi simbol sebuah gaya hidup pemiliknya. Berbicara tentang gaya hidup, nama besar skuter Vespa memang melekat erat di negeri ini. Meskipun produksi Negara Italia, penggemar fanatik skuter antik tersebut memiliki banyak fans loyal di Indonesia.

IMG_0030

IMG_0035

IMG_0037

IMG_0005

Salah satu fans loyal dari skuter ciptaan Enrico Piaggio tersebut kebetulan akan mengisi features story Otoschnell kali ini. Adalah Regi Fiandisa pemilik dari Vespa P150X keluaran 1980 ini yang mengaku ingin melestarikan sisi klasik dari skuter berwarna Jet Black ini. awalnya, restorasi motornya ini ia rasa cukup meliputi bagian bodi dan sistem pengereman saja, “Tau sendiri deh Vespa kalau ngerem bikin deg-degan, susah berhenti” Keluhnya. Namun, ‘Racun’ modifikasi dimulai sejak ia melirik bagian mesin bawaannya yang dianggap kurang bertenaga. “Masa udah rapih tapi larinya kalah sama motor-motor lain mas hehe” Candanya.

IMG_0049

Regi lantas memasang satu buah mesin yang menurutnya mumpuni untuk diajak berakselerasi yakni block Polini komplit dengan internal parts nya, “Dulu sempet pasang flywheel Polini sama karburator Sudco 38mm malah buat harian bawaannya pengen ngebut terus kurang bisa nyantai” Kenang salah satu owner AHT Garage yang biasa menangani mobil kompetisi drifting dan Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM). Dari situ, Regi memutuskan untuk memasang kit dari Polini berupa long stroke crank, kit silinder berkapasitas 177cc, pengapian, sampai knalpot, dan untuk pengkabutan bahan bakar yang pas dengan spek mesin, dirinya memilih karburator Sudco 28mm.

IMG_0045

IMG_0052

Masalah muncul ketika proses instalasi modifikasi pada motor pehobi racing drone ini dimana Ia harus menyesuaikan tromol dan velg dari produk S.I.P Scootershop “Posisi velg tidak center, jadinya yang belakang saya pasang converter kit dan yang depan saya kasih spacer. Fork depan sedikit saya custom agar bisa masuk disc brake Grimeca, dan as ayun nya pakai punya Vespa Excel” terangnya.

IMG_0040

IMG_0056

Speedometer digital dari S.I.P Scootershop yang bermarkas di Landsberg, Jerman juga tidak langsung terpasang begitu saja, Regi harus memasang accu untuk mengalirkan listrik konstan serta memasang sensor agar speedometer dapat membaca parameter yang diperlukan seperti putaran mesin, kecepatan, dan temperatur. “Buat lampu-lampu sama klakson dibiarkan standar biar sisi klasik Vespanya tetap ada, klakson bunyinya descending ala Vespa kuno, lampu juga redup redup gimana gitu hehe” Pungkas Regi.

IMG_0042

Penyuka mie instan ini merasa modifikasi yang dilakukan sudah cukup karena justru semakin jauh langkahnya untuk memodifikasi Vespa P150X bermesin Polini 177cc ini, Ia justru mengidamkan sebuah Vespa dengan tipe yang beda. “masih bingung menentukan bahan, entah Sprint Veloce atau PTS, soalnya sekarang harga Vespa juga sudah tinggi hehe” Katanya. Mungkin bisa dibantu menentukan pilihan lewat vote?

IMG_0001

 

Spesifikasi

Mesin:

Racing Cyl polini 177 Kit

Polini long stroke crankshaft

Polini valve kit intake

Polini advnce ignition kit

Sudco 28 Carburetors

Racing Exhaust Polini

 

Kaki-kaki:

Vespa Excel Front Fork

Grimeca NT Classic Front Disk Brake

Carbone Shock breakers front and rear

Wide tyre convertion kit (Rear)

Sip Tubeless Rim (front and rear)

Heidenau K59 100/90 R10 front

Heidenau K59 120/90 R10 Rear

 

Bodi & aksesoris:

Jet Black Color

Cuppini Side Steps

Sip Engine Starter

Sip Digital Speedometer

Cuppini Mirrors

Bossata Headlights

SIEM Tail light and indicator lights

 

Workshop: AHT Garage, BSD, Tangerang Selatan

Check Also

Java Scooter Rendezvous 2017 – Bogor Lautan Skuter se-Indonesia

Acara Java Scooter Rendezvous (JSR) 2017 berhasil mengubah area Citra Indah, Bogor, Jawa Barat menjadi …

Penuhi Janji, BMW serahkan 100,000 kendaraan listrik pada konsumen di 2017

Penuhi janjinya di awal 2017, BMW Group telah serahkan lebih dari 100,000 kendaraan listrik kepada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *