Tuesday , October 24 2017

Review & Test Ride The New MV Agusta Brutale 800

MV Agusta Brutale

MV Agusta Brutale

Beberapa waktu lalu PT. Motor Varese Indonesia (MVI) selaku agen tunggal pemegang merk (ATPM) dari brand premium MV Agusta di Indonesia telah meluncurkan varian terbarunya yakni The New MV Agusta Brutale 800. Motor yang dikategorikan sebagai naked bike ini sukses menarik animo para penggemarnya sejak diluncurkan menggantikan generasi terdahulunya yakni Brutale 800 RR yang memulai debutnya pada tahun 2015 silam.

MV Agusta Brutale

MV Agusta Brutale

Kami pun mendapatkan kesempatan untuk merasakan sendiri performa yang ditawarkan dari Brutale 800 terbaru ini. First impression yang paling menonjol ketika pertama melihat motor ini adalah kontur bodinya yang memancarkan aura futuristik dengan lekuk-lekuk tajam dari tangki hingga buritan, hal ini memang semakin menguatkan status MV Agusta sebagai produsen The sexiest bike in the world.

MV Agusta Brutale

MV Agusta Brutale

Test rider kami yang memiliki postur tubuh dengan tinggi 188cm pun mengaku motor ini masih cukup nyaman bahkan untuk postur dengan tinggi dibawahnya berkat saddle height setinggi 830mm. Namun yang paling bersahabat dengan test rider adalah meski bentuk tangki yang melebar di bagian paling atas, sama sekali tak membuat kaki menekuk karena desain dibawah tangkinya sengaja dibuat condong ke dalam, yang menyisakan ruang/ rongga untuk bagian paha dan lutut.

MV Agusta Brutale

MV Agusta Brutale

Rding position motor  ini pun tak kalah mengasyikkan. Jika kita membayangkan bahwa naked bike dan sports fairing bike memiliki riding position yang identik yakni membungkuk, lain halnya dengan Brutale ini yang cenderung memiliki geometri seperti mengendarai supermoto yang tegak sehingga walau jarak tempuh jauh dan lama tubuh tidak terlalu terasa pegal.

MV Agusta Brutale

Meski berasal dari platform yang hampir sama, suspensi motor Brutale 800 ini terasa lebih ‘manusiawi’ dibanding tipe sport fairing-nya. Seperti yang kami bilang sebelumnya hal tersebut dikarenakan riding position dan geometri yang memang dibuat berbeda dimana Brutale 800 ini memang sengaja dirancang untuk berakselerasi sekaligus menjadi city cruiser, namun juga tidak bisa dibandingkan dengan tipe Turismo Veloce yang memang sengaja dibuat untuk touring jarak jauh.

MV Agusta Brutale

MV Agusta Brutale

Beralih ke mesin yang mengadopsi teknologi Tre Pistoni khas MV Agusta. Meski horsepower Brutale 800 terbaru ini harus rela direduksi dari 125hp ke 116hp karena peraturan emisi Euro IV, toh hal tersebut tidak mengurangi sensasi dari akselerasi yang ditawarkan. Karena improvement dari sumber tenaga justru didapatkan dari torsi yang meningkat sekitar 25% menjadi 83Nm, belum lagi sensasi perpindahan gear yang spontan berkat teknologi Electronically Assisted Shift (EAS) yang membuat rider tak perlu menekan tuas kopling saat pergantian gear.

MV Agusta Brutale

MV Agusta Brutale

Meski tak bisa mencapai top speed yang diklaim mencapai 237km/h karena kondisi jalan yang kurang kondusif, test rider kami sempat mencatatkan angka 223km/h dengan mudah di mode sport. Berkat teknologi quick-shifter yang diadopsi motor ini, serta torsi yang sangat terasa pada putaran mesin 5.500rpm keatas, ‘kekosongan’ tenaga bahkan hampir tak terasa sama sekali.

MV Agusta Brutale

MV Agusta Brutale

Adrenalin yang sempat terpompa ketika pengetesan top speed pun dengan sigap diantisipasi oleh pengereman dari Brembo yang seketika meredam dengan spek 4 piston di bagian depan dan 2 piston di bagian belakang. What more can we say, this generation of Brutale easily carries on the big name of MV Agusta…

MV Agusta Brutale

Check Also

Mitsubishi Galant Twin Turbo Otoschnell (6)

Mitsubishi Galant (EA5A) – 315hp Twin Turbo Shark

Biasanya, hadiah birthday anniversary dikhususkan pada orang tersayang, tercinta dan lainnya. Contohnya orang tua, pasangan, atau sahabat. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *