Sunday , December 17 2017

Subaru Impreza WRX STi Type C 2002 – Back to its Habitat

Subaru WRX STi Spec C

Pergeseran jaman tak dapat dipungkiri membuat kamus modifikasi pun bertambah kaya. Jika dahulu hanya kenal aliran street racing, elegan, dan semacamnya, kini ada individu-individu yang sangat concern terhadap fitment sektor kaki-kaki (Tak peduli meskipun mobilnya adalah sebuah mobil rally semacam Subaru Impreza WRX STi). Ya, sama seperti ponsel yang dahulu diprioritaskan sebagai alat komunikasi via suara dan teks, kini pun bertambah fungsi menjadi media sosial.

Subaru WRX STi Spec C

Subaru WRX STi Spec C

Namun beberapa orang punya prinsip kuat, seperti halnya jika mindset kita mengatakan bahwa ponsel memang sejatinya digunakan sebagai alat komunikasi, sisanya merupakan bonus semata. Mungkin sang owner dari Subaru Impreza WRX STi Type C ini pun punya perspektif demikian, dimana seharusnya mobil yang memiliki DNA rally sejak lahir, kembali ke habitat asalnya, tarmac & gravel.

Subaru WRX STi Spec C

Subaru WRX STi Spec C

Adalah Rudy Roosbinardy, pemilik ‘Subie’ yang mengkonversi total varian ini dari yang berstatus street legal menjadi ready to flat out. FYI, selain membangun total rally breed yang punya livery Martini ini, beliau juga seorang pembalap yang tak pernah absen di ajang rally Nasional. “Saya memang senang dengan rally sejak dulu, tapi memang ada beberapa mobil yang sengaja saya modif dengan tema street performance” Ujar Pria yang sempat tampil juga dalam features story kami dengan W203 ‘Kleeman’-nya.

Subaru WRX STi Spec C

Subaru WRX STi Spec C

Dengan kategori Group N, mobil yang siap dancing in the track ini sudah memakai mesin yang telah di upgrade menggunakan produk Tomei dengan status Stage 3, sayangnya beliau tidak menyebutkan secara detail apa isi dari ruang bakar mesin berkode EJ ini. “Yang jelas OEM piping-nya tidak boleh ada ubahan atau modifikasi, sesuai standarisasi FIA” Ujarnya singkat.

Subaru WRX STi Spec C

Subaru WRX STi Spec C

Di bagian kaki-kaki, mobil ini dilengkapi suspensi tipe competition coilover dari Tein dengan fitur electronically adjustable yang artinya rebound, damping dari suspensi ini dapat diatur sesuai karakteristik trek dan pembalap hanya dengan menekan tombol saja. “Sudah pakai stabilizer atas-bawah juga, tapi saya lupa merknya. Yang jelas untuk setup suspensi dan kaki-kaki sudah oke” Jelas Rudy.

Subaru WRX STi Spec C

Pemadam api dan roll cage sebagai standarisasi keamanan pun menjadi menu wajib saat balap di beberapa special stage, dengan status FIA approved, mobil ini pun siap di abuse di medan rally yang unpredictable. “Transmisi sudah pakai dogdrive, dan final gear sudah jadi ‘kasar’ dan rapat khas rally di angka 43” Beber Pria yang juga ‘bermain’ dengan mesin New Vespa-nya.

IMG_4407

Subaru WRX STi Spec C

Ia juga bilang kalau sekarang, mobilnya masih mengandalkan piggyback dari Dastek Unichip Q+ sambil menunggu untuk memasang standalone engine management system dari Haltech. Yet, show must go on, tinggal menghitung hari yakni tanggal 7-8 April 2017 mendatang, Ia harus siap menggeber di trek Canti Dharma Sentul, Jabar dengan spek ini. “setup piggyback ini yang masih kurang responsif, dan ini yang masih ‘PR’ kita”. Just remember, when in doubt, flat it out, it may not improve the situation, but it will end the suspense…

Subaru WRX STi Spec C

Spesifikasi

Engine EJ-Series w/ Tomei Stage 3 internal

Tein EDFC electronically adjustable coilover

Roll cage FIA approved

Dastek Unichip Q+

Fuel Pressure Regulator AEM

BOV HKS

Final Gear 43

Dogdrive treansmission

Check Also

Java Scooter Rendezvous Otoschnell (2)

Java Scooter Rendezvous 2017 – Bogor Lautan Skuter se-Indonesia

Acara Java Scooter Rendezvous (JSR) 2017 berhasil mengubah area Citra Indah, Bogor, Jawa Barat menjadi …

Maserati Levante Otoschnell (8)

Maserati Indonesia Luncurkan Varian Maserati Levante bertipe SUV

Maserati Indonesia selaku Authorized Dealer produk Maserati di Negeri ini secara resmi meluncurkan tipe terbaru …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *