Toyota Celica ST165 1992 Group A Rally Car – Inheritance of Golden Era

Toyota Celica ST 165 Otoschnell

Jika pembaca belum cukup merasa tua untuk mengetahui keganasan mobil ini di jamannya, mungkin mendengarkan cerita dari orang yang menjadi saksi mata saat mobil homologasi Group A ini beraksi setidaknya dapat memberi sedikit pencerahan. Namun jika Anda memang tahu betul bagaimana mobil berkode ST165 ini menaklukan trek WRC (World Rally Championship), maka kami tidak perlu mencari kata-kata untuk mendeskripsikan betapa legendarisnya Toyota Celica ST 165 Group A Rally Car ini.

Toyota Celica ST 165 Otoschnell

Terdengar berlebihan? Tentu tidak bagi yang mengetahui fakta bahwa generasi ini pernah menjadi senjata bagi pereli kelas dunia, Juha Kankkunen, pembalap yang juga berkarir di reli Group B, reli yang terkenal mematikan dengan power to weight ratio yang sangat besar. Sesuai statusnya yang merupakan homologasi Group A, maka otomatis mobil ini sudah datang dengan parts balap hasil mahakarya dari Collins yang bermarkas di Britania Raya.

Toyota Celica ST 165 Otoschnell

Toyota Celica ST 165 Otoschnell

“Mobil ini bukan Toyota Celica ST165 yang saya modifikasi dengan spek Group A, namun memang sudah memenuhi standarisasi FIA saat balap di jamannya oleh sang tuner, Collins dari U.K. Jadi untuk parts seperti roll cage, sampai spesifikasi mesin memang sudah factory built dengan keadaan seperti ini” Jelas Rudy Roosbinardy sang owner.

Toyota Celica ST 165 Otoschnell

Untuk dapat lolos homologasi di balap WRC memang sangat ketat, bahkan hal detail seperti safety belt pun harus lolos uji kelayakan serta memiliki expired date yang akan dikenai diskualifikasi jika tidak sesuai dengan standarisasi. Hal tersebut bisa dibayangkan jika Anda berminat untuk memiliki unit-nya yang memang sudah terbatas, ditambah maintenance-nya yang relatif sukar.

Toyota Celica ST 165 Otoschnell

Dari eskterior, mobil ini sudah dilengkapi dengan weight reduction di semua sektor, mulai dari kap mesin bermaterial fiber, bagasi, hingga kaca polycarbonate, sampai sasis yang sudah melewati proses reinforcement. Semua demi menurunkan bobot total kendaraan yang awalnya hampir mencapai 1.500kg, kini turun menjadi 980kg dengan rigiditas yang lebih baik dari kondisi standar, impresif bukan?

Toyota Celica ST 165 Otoschnell

 

Tak cukup sampai disitu, suspensi bawaannya dipensiunkan dan di substitusi menggunakan Reiger Racing yang namanya tak diragukan lagi untuk cabang olahraga off-road dan reli tingkat Internasional. Hal tersebut dilakukan agar stabilitas mobil meningkat, tentunya agar catatan waktu saat digunakan shakedown di trek semakin tajam.

Toyota Celica ST 165 Otoschnell

Toyota Celica ST 165 Otoschnell

Ada beberapa hal unik di ST 165 ini yang tak dapat Anda temukan di ST 165 versi street legal, contohnya saja pedal box top-to-below. Hal ini sedikit berbeda jika Anda pernah melihat pedal box milik mobil-mobil balap JGTC yang cenderung di posisi below-to-top. Transmisi yang sudah menggunakan dogdrive-pun menjadi salah satu keuntungan mobil yang turun di ajang reli, karena selain endurance, gear ratio pun memang sengaja dibuat ‘rapat’ dengan konsekuensi mengorbankan top speed demi akselerasi.

Toyota Celica ST 165 Otoschnell

Mesin 3S-GTE dengan tenaga standar 205hp sudah mengalami peningkatan signifikan menjadi 450hp meski bore x stroke tak dirubah mengikuti aturan dan regulasi standar dari grup A. Tenaga signifikan tersebut merupakan hasil racikan dari Collins U.K. yang bersifat classified. Sesuai regulasi, piping standar pun tak boleh dirubah/ direlokasi sehingga tampilan mesin terkesan stock meski lonjakan tenaga sudah mencapai lebih dari 2 kali lipatnya. Well, this car is like any other collectible items, you don’t have to brag it out to people just so they know it really is special. Because only handful of people know what it’s been made of.

Toyota Celica ST 165 Otoschnell

Spesifikasi

Collins U.K. fully built chassis & bodyworks Group A specification

Collins U.K. tuned 3S-GTE motor & transmission

Reiger Racing Suspension

Check Also

GIIAS 2017 Otoschnell (3)

Beberapa Promo Menarik di GIIAS 2017 Weekdays Special

Gelaran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 kembali digelar selama 10 hari mulai tanggal 10 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *