Tuesday , October 24 2017

Toyota Corolla DX KE70 1982 – Time Machine Rally Car

Corolla DX Rally - Otoschnell

Jadi, jika pembaca sudah mengikuti cerita dibalik kedua mobil ber-livery serupa milik Rudy Roosbinardy sebelumnya, secara kasat mata pasti tidak asing lagi dengan pemilik mobil ini. Yap, inilah mobil pertamanya dan paling intens diajak ‘bermain’ ke sirkuit reli. Rasanya memang seperti terjebak didalam mesin waktu dan kembali pada era 80-an dimana varian Toyota Corolla DX KE70 beradu kencang diatas lintasan reli.

Corolla DX Rally - Otoschnell-2-2

Masih sama seperti di eranya, memang spesifikasi yang diperbolehkan dalam gelaran yang diikuti sangatlah terbatas. Selain menjaga aura retro-nya, memang regulasi mobil dibuat sedemikian ketat agar persaingan antar pembalap pun semakin sengit, disinilah skill yang berbicara. “Ini memang mobil balap yang pertama saya bangun, dulu di tahun 80-an memang saya pernah balap pakai jenis mobil yang sama. Di tahun 2014 – 2015 saya berminat untuk bangun mobil ini lagi” Jelas Rudy.

Corolla DX Rally - Otoschnell-4

“Sebetulnya waktu awal di bangun, mobil ini memang bukan saya tujukan untuk balapan, karena sebenarnya hanya ingin nostalgia masa lalu saja” Kenangnya. Namun tak bisa dipungkiri, DNA balap tanah yang mengalir di darah Rudy, membuatnya tercebur semakin dalam lagi di dunia balap reli, akhirnya mobil ini dibuat sesuai regulasi untuk menaklukan medan tersebut.

Corolla DX Rally - Otoschnell-8

Ia jatuh cinta dengan mobil ini karena di mata seorang Rudy, Toyota Corolla DX di ajang reli adalah yang paling easy to handle, power to weight ratio-nya pun sangat baik. Namun sesuai peruntukannya, mobil ini sudah mengalami modifikasi total mulai dari eksterior, hingga internal mesin.

Corolla DX Rally - Otoschnell-3-2

Seperti mesin Frankenstein yang menggunakan block 5K yang dikombinasikan dengan silinder head 4K. Tetap dengan kapasitas 1.600cc sesuai regulasi, Rudy mencangkokkan piston Mitsubishi Lancer Dan Gan yang telah di oversize agar tenaga makin mumpuni di trek reli. Derajat camshaft tak lupa dinaikkan menjadi 272 dari produk TRD.

Corolla DX Rally - Otoschnell-4-2

Selesai urusan combustion chamber, pasokan bahan bakar pun mendapatkan mandat yang lebih besar dengan aplikasi karburator bertipe 4 barrel. Untuk power delivery, girboks Toyota Levin berkode T40 diaplikasikan dengan final gear yang ‘kasar’ dan ‘rapat’ di angka 45, atau biasa dikenal dengan sebutan ‘close ratio’. Lalu gardan standar mobil ini dipensiunkan dan diganti dengan milik Toyota Hilux dengan pertimbangan endurance di medan berat.

Corolla DX Rally - Otoschnell-7

“Kalau urusan roll cage dan safety equipment lainnya saya tak mau main-main, semua menggunakan stadarisasi FIA” Ungkapnya. Berbicara safety yang dipadukan dengan keseimbangan mobil, KE70 ini sudah dilengkapi dengan shockbreaker tipe reservoir yang memang diperuntukkan bagi mobil balap medan berat, serta kaki-kaki belakang yang sudah tak lagi menggunakan drum brakes karena telah di konversi dengan disc brake.

Corolla DX Rally - Otoschnell-5

Corolla DX Rally - Otoschnell-3

Corolla DX Rally - Otoschnell-6

Corolla DX Rally - Otoschnell-2

Uniknya, meski berlaga di kelas Retro 1.600cc, dirinya pernah menempati podium ke-4 di kelas 2000cc, “Saya suka sirkuit yang banyak curve nya, disitulah saya merasa tertantang untuk mengasah skill saya” Jelasnya singkat. Ketika ditanya proyek selanjutnya, kemungkinan besar Ia akan bertarung di kelas lain karena mobil ini akan mengalami engine swap dengan mesin Toyota berkode 3S-GE atau 4G63T milik Mitsubishi. Still this ‘boxy’ car constantly bring us to the memories from the past…

Check Also

Mitsubishi Galant Twin Turbo Otoschnell (6)

Mitsubishi Galant (EA5A) – 315hp Twin Turbo Shark

Biasanya, hadiah birthday anniversary dikhususkan pada orang tersayang, tercinta dan lainnya. Contohnya orang tua, pasangan, atau sahabat. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *