Toyota Corona Absolute ST 191 1997 – Boosted Sleeper Daily

Corona-3SGTE-Otoschnell-(5)

“Hmm… Stock ST191 with BBS wheels on it, feels like we’re goin’ back in 90’s” Setidaknya itu yang terbersit ketika kami melihat mobil kelahiran 1997 ini saat peliputan. Tampilan yang jinak, tak mengintimidasi, dan sedan yang tangguh dipakai untuk sehari-hari pada jamannya. Namun perlu dicatat, mobil ini bukan sebuah Toyota Corona Absolute berkode ST191 yang dapat disamakan dengan varian sejenisnya, karena ‘jantung’ mobil ini sudah di transplantasi dengan milik mobil balap reli Celica GT4!

Corona-3SGTE-Otoschnell-(10)

Ya, Rama Dion selaku pemilik mobil memang sengaja mengambil tema ‘sleeper’ untuk diterapkan pada modifikasi mobilnya. Toyota Corona yang tadinya lahir dengan mesin berkode 3S-FE, kini sudah mengusung mesin berkode 3S-GTE gen 4 lengkap dengan turbocharger CT26. “Ini   mobil   tadinya   tuh   dipakai   sama   bokap   dan disayang banget lah, terus bokap ada rezeki beli mobil lagi terus ini mobil gak ada yang pake, yaudah gue mutusin untuk pakai mobil ini untuk di jadikan mobil kenceng tapi bisa harian juga. Nilai historisnya mobil ini tuh udah nemenin bokap selama 5 tahun, bolak balik Solo, jadi mobil nikahan sodara gue haha, ya banyak lah” Kenang Rama sapaan akrabnya.

Corona-3SGTE-Otoschnell-(2)

Corona-3SGTE-Otoschnell-(9)

Meski sempat mengalami kendala dengan 2 workshop sebelumnya, Rama tak lantas putus asa untuk meluruskan niat awalnya untuk membuat mobil ini memiliki performa mesin yang tinggi. “sebelumnya gue 2 kali ditipu waktu modifikasi mobil ini, makan waktu dan biaya yang banyak sampai akhirnya ketemu dengan workshop yang cocok” Curhatnya.

Corona-3SGTE-Otoschnell-(8)

Tak hanya eksterior, kabin pun dibiarkan tetap nyaman dengan panel standar yang masih terpasang utuh, lengkap dengan in car entertainment system dan pendingin yang masih berfungsi normal. Hanya saja, setir dan shifter standar sudah diganti dengan produk aftermarket MOMO. “Karna tidak ingin terlalu mencolok di jalan dan dimanapun kalau mobil ini sudah tidak standar lagi” ungkapnya ketika ditanya alasan mengambil tema sleeper.

Corona-3SGTE-Otoschnell-(3)

Mesin 3S-GTE yang terkenal akan ketangguhan dan performa tingginya itu tak lantas dibiarkan standar oleh Rama. Internal parts-nya pun sudah diganti dengan parts kompetisi agar sanggup menerima boost pressure tinggi dan reliable ketika diajak balap. Contohnya saja piston yang sudah menggunakan produk CP, connecting rods, klep, dan per klep dari BC, dan bearing dari ACL.

Corona-3SGTE-Otoschnell-(7)

Corona-3SGTE-Otoschnell-(1)

Untuk melepas udara yang terperangkap dalam turbo, digunakan blow-off valve dari Greddy, sedangkan untuk menambah derasnya volume bahan bakar, dipasang fuel pump Walbro dan diatur debitnya oleh fuel pressure regulator dari AEM. Sedangkan untuk duty cycle keseluruhan mesinnya, digunakan Dastek Unichip dengan turbo modul serta iDrive.

Corona-3SGTE-Otoschnell-(6)

Kaki-kaki didukung oleh coilover dari D2 untuk kestabilannya, sedangkan untuk estetika, velg standarnya diganti dengan produk BBS. “Ada proyek lanjutan yaitu upgrade turbo, upgrade camshaft, upgradeke Haltech, ganti velg, pasang Brembo 4 pot Kit, ganti ban, pasang rollbar dan rencana ingin merapihkan interior, repaint dan ingin full restorasi” Bebernya soal modifikasi selanjutnya. When you wanna go fast but still wanna keep humble. Thumbs up!

Corona-3SGTE-Otoschnell-(4)

Spesifikasi:

Mesin 3SGTE 4th gen, CP Piston, BC Connecting Rods, ACLBearings, BC Engine Valves, BC Valve Spring, Greedy Blow Off Valve, Custo Exhaust Manifold, Custom Turbo Pipe, Walbro Fuel Pump, AEM Fuel PressureRegulator, Dastek Unichip Piggyback w/Turbo Modul and i-Drive,  Toyota Caldina Gearbox,   Custom Driveshaft, D2 Coilover, K&N Open Air Filter, BBS Rims,  Accelera Tires.

Built by: Clean and Boost and Tuned by Rev Engineering

Check Also

Toyota-GIIAS-2017- Otoschnell

Toyota Tampilkan Beberapa Mobil Terbaru di GIIAS 2017

GIIAS 2017 menjadi ajang tersendiri bagi PT Toyota-Astra Motor (TAM). Tidak hanya untuk lebih mendekatkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *