Thursday , December 13 2018

VBSD x Heru Speed – Harian, Restorasi Klasik, Modifikasi, Sampai Balap

VBSD Heru Speed Otoschnell (12)

Di kalangan skuteris penggemar pabrikan asal Italia yakni Vespa, tentunya tidak asing lagi dengan nama workshop VBSD. Berawal dari kegemaran kakak beradik Koco dan Heru bergelut di dunia skuter sejak tahun 90-an, mereka membuat usaha yang kemudian dikelola bersama keluarga yakni workshop skuter berbagai tipe dan jenis pengerjaannya.

VBSD Heru Speed Otoschnell (6)

“Dulu kami waktu masih bujangan touring kemana-mana pakai nama BBS (Busi Basi Scooter) tahun 1998. Awalnya bengkel ini berdiri tahun 1997-an. Sampai sekarang adik saya yaitu Heru sudah punya sponsor sendiri untuk terjun di dunia balap Vespa” Ujar Heri Sonata yang akrab dipanggil Koco. Kini, bengkel tersebut memiliki beberapa divisi yang terbagi spesialisasi masing-masing, seperti Koco yang menangani urusan restorasi dan pengecatan bodi, Heru yang menangani urusan mesin, dan ayahnya yang menangani pengelasan Vespa.

VBSD Heru Speed Otoschnell (5)

VBSD Heru Speed Otoschnell (2)

Berbicara Vespa klasik, tentu tak seperti berbicara motor pada umumnya. Penanganan motor klasik ini memang relatif lebih detail, hal tersebut dikarenakan kinerja beberapa parts-nya yang memang berbeda dengan motor pada umumnya, serta bagian bodi-nya yang di dominasi oleh material besi. “Untuk pengecatan dibanderol Rp.3 Juta diluar parts dan reparasi rusak parah ya, karena akan butuh waktu dan biaya lagi untuk itu” Jelas Koco.

VBSD Heru Speed Otoschnell (3)

VBSD Heru Speed Otoschnell (1)

Untuk urusan mesin, jasa untuk servis harian dikenakan biaya sekitar Rp.35-45 Ribu. Sedangkan untuk jasa overhaul / turun mesin kurang lebih Rp.100-150 Ribu tergantung jenis/ tipe Vespa diluar spare parts. “Untuk durasi pengerjaan sih biasanya kita kerjakan kurang lebih satu bulan penuh kalau antrian tidak terlalu padat dan dengan catatan motor juga kondisinya masih ‘segar’. Dalam artian motor tidak hancur box, lantai dan lainnya karena akan memakan waktu lebih lama lagi” Ujar pria 40 tahun ini.

VBSD Heru Speed Otoschnell (8)

VBSD Heru Speed Otoschnell (9)

VBSD Heru Speed Otoschnell (7)

VBSD Heru Speed Otoschnell (10)

Tak melulu Vespa klasik, disini juga terima reparasi New Vespa, “Biasanya pasien ada yang body parts-nya hancur dan mau reparasi bodi” Imbuhnya. “Yang perlu diperhatikan dari Vespa klasik itu dari teknik reparasi itu sendiri, kalau dasarnya seperti dempul, vernis, dan cat enggak bener, paling cuma tahan 1-2 tahun. Kalau kerjaan kami ada yang paling lama itu 9-10 tahunan baru repaint lagi” Pungkasnya. Bahan baku pengecatan pun diakui tergantung request dari customer, jika ada yang ingin memakai vernis yang lebih bagus dan mahal, Koco menyanggupi hal tersebut, “Biasanya ada yang pengen Vespanya kelihatan lebih basah/ wet look, sampai ke aplikasi untuk kontes, kita menyanggupi permintaan customer saja” Sambungnya.

VBSD Heru Speed Otoschnell (11)

Di dunia balap, kiprah Heru Speed pun tak diragukan lagi. Mulai dari kelas standar dan FFA, semua digeluti bengkel yang terletak di Jl. Cilenggang Raya No.3, BSD, Tangsel. “Dulu kita main di kelas standar jaman pembalap Hary TJ dan Ajat Sule, karena belum ada sponsor dan keterbatasan dana. Setelah menggeluti kelas tersebut beberapa lama dan sempat mendominasi juga, akhirnya beberapa sponsor seperti sekarang ini membuat kami banyak main di kelas lain dengan 5 motor seperti smallframe, largeframe, sampai FFA” Jelas pehobi bermacam-macam jenis burung ini. Beliau sempat berbagi sedikit tips n trick agar Vespa klasik OS-ers lebih awet “Kalau bisa habis touring gitu, yang pertama dicuci kolongnya pakai semprotan soalnya kayak tanah lempung atau pasir pantai gitu mengandung garam yang lumayan jahat dan cepat bikin korosi, baru setelah itu terakhir cuci bodinya” Tutupnya. Let’s pimp up your scooter guys!

VBSD Heru Speed Otoschnell (4)

VBSD x Heru Speed : Jl. Cilenggang Raya No.3, BSD, Tangsel (Perempatan Sinarmas World Academy ke kiri dari arah Perempatan BSD)

Telp: 082110770046 (Koco)

Check Also

Komunitas Vespa Akan Hadir di BigBang Jakarta 2017

BigBang Jakarta 2017 yang merupakan pameran terbesar dan terlengkap pertama di akhir tahun telah menyelenggarakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *