Thursday , October 19 2017

Volkswagen Scirocco R 2013 – Boostin Up The R Badge

VW Scirocco Putih- Otoschnell-3

Masih ingat dengan artikel tentang Volkswagen Golf R MKVII beberapa saat lalu? Masih dari produsen yang sama, namun berbeda model, dan tentunya masih menyandang kasta teratas dari line-up yang ditawarkan Volkswagen. Volkswagen Scirocco R yang di wrap ini juga memiliki konsep yang identik dengan MKVII hasil personalisasi dari Clovertech Garage Indonesia, karena memang sang punggawa workshop yakni Ferry Khoe menitikberatkan modifikasi dari segi estetika dan performa mesin.

VW Scirocco Putih- Otoschnell-5

Scirocco R kelahiran 2013 ini secara sekilas pada eksterior mengalami customized grille, instalasi body wrap, dan penggantian kap mesin serta spion berbahan carbon fiber, memang hal tersebut disengaja agar tak terlalu banyak ubahan yang dapat merusak estetika dari mobil yang relatif jarang beredar tersebut. “Mobil ini awalnya memang konsep dari saya, ya sekilas memang sengaja modif minor supaya tetap rapih namun merepresentasikan karakter saya” Ujar Jack John sang owner.

VW Scirocco Putih- Otoschnell-2

Modifikasi yang ‘berat’ ada dibalik kap mesin, dimana mahasiswa tersebut menginginkan performa yang tinggi dari sebuah mobil yang terlahir sudah relatif kencang. “Saya ingin mobil ini lebih kencang namun masih bisa dipakai harian” Ujarnya singkat. Ferry Khoe selaku ekstekutor dari Clovertech Garage Indonesia pun mengganti beberapa parts yang dibutuhkan untuk mengeluarkan potensi mesin berkapasitas 2.000cc FSI tersebut.

VW Scirocco Putih- Otoschnell-2-2

VW Scirocco Putih- Otoschnell-6

VW Scirocco Putih- Otoschnell-4

Memang tak diketahui tenaga setelah mengalami sentuhan performa, namun yang jelas tenaga standar 261hp dengan torsi sebesar 350Nm telah jauh melonjak berkat ECU reflash menggunakan etuner stage 2+. Belum lagi pasokan udara dingin semakin lancar ke ruang bakar berkat aplikasi intake dari Gruppe M dengan custom pipe berdiameter 4 inci, ringan karena berbahan carbon fiber dan efektif menyalurkan volume udara dingin karena lubang yang besar.

VW Scirocco Putih- Otoschnell-7

Memang tak dipungkiri oleh Jack bahwa kendala utamanya dalam melakukan personalisasi adalah terbatasnya aftermarket parts untuk Scirocco ber-badge ‘R’ ini. Namun dengan ‘tangan dingin’ Ferry Khoe dalam penyesuaian parts, semua yang tak mungkin nyatanya terealisasi. Selain modifikasi diatas, adapun beberapa modifikasi tambahan seperti penggantian exhaust system standarnya dengan APR Exhaust agar suara lebih growling khas Scirocco R, sedangkan sistem pendinginan turbo standarnya juga diganti dengan merk Wagner Tuning.

VW Scirocco Putih- Otoschnell-9

Dari segi handling improvement, mobil ini telah mengaplikasikan anti-rollbar dari Eibach dan menggunakan suspensi dari KW V3 dengan sistem mekanisme adjusment elektronik atau akrab dengan sebutan DDC yang kemudian dipercantik dengan velg Volk Racing ZE40 berdiameter 19 x 8,5. Dengan begitu, mobil ini sudah menjadi jauh lebih rigid dan stabil meski mesin yang di upgrade dapat memuntahkan tenaga yang besar. “VW memiliki ciri khas fun to drive yang membuatnya sangat nyaman dikendarai dan menurut saya sangat stabil dari segi handling, apalagi sudah di modifikasi” Ujar Pria 22 tahun itu. “Rencana modifikasi lanjutan jelas ada untuk bikin yang lebih kencang namun masih enak untuk harian” Tutupnya. Keep boostin up your Scirocco, bro. The game is on!

VW Scirocco Putih- Otoschnell-8

VW Scirocco Putih- Otoschnell

Spesifikasi:

Mesin:

Intake Gruppe M w/ custom 4” piping

Knalpot APR Exhaust System

Intercooler Wagner Tuning

ECU reflash etuner Stage 2+

Kaki-kaki:

Suspensi KW V3 DDC coilover

Anti-rollbar Eibach

Velg Volk Racing 19 x 8,5

Eksterior:

Kap mesin carbon fiber

Spion carbon fiber

Body wrap

Grille depan custom

Built & Tuned by: Clovertech Garage Indonesia, Jl. Karapitan No.117, Cikawao, Lengko

Kota Bandung, Jawa Barat 40261. 0812-2045-556

Check Also

BMW-Diplomatic-Service-Otoschnell-(1)

BMW Group Indonesia Resmi Luncurkan Layanan Diplomatic Services

BMW Group Indonesia sekali lagi menunjukkan komitmennya dalam menyediakan layanan pelanggan yang eksklusif dan tak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *